Penulis / NIM
DELYA S. TALIPI / 103812010
Program Studi
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Abstrak
ABSTRAK
Delya S.Talipi. 2014. Skripsi. Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Tentang Materi Kegiatan Ekonomi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di kelas IV SDN 16 Tibawa KecamatanTibawa. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1: Dra. Hj. Hakop Walangadi dan Pembimbing II: Drs. Hi. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si.
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah "Apakah dengan menggunakan model pembelajaran
kooperati ftipe jigsaw motivasi belajar siswa tentang materi kegiatan ekonomi di kelas IV SDN
16 Tibawa Kecamatan Tibawa akan meningkat?"Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian melalui tahap persiapan,
pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta analisis danr efleksi.Penetapan indicator
kinerja pada penelitian ini adalah 80% siswa dikenai tindakan mendapat nilai 80.Penelitian ini
dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus.
Hasil penelitian pada siklus 1 menunjukkan bahwa, siswa yang memperoleh nilai 75 keatas
berjumlah 21 orang dengan persentase 65.62% dan yang memperoleh nilai 75 kebawah
berjumlah 11 orang dengan persentase 34.38% selanjutnya pada pembelajaran siklus 11
mengalami peningkatan yaitu siswa yang memperoleh nilai 75 keatas berjumlah 30 orang dengan
persentase 93.75% dan yang memperoleh nilai 75 kebawah berjumlah 2 orang dengan persentase
6.25%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatiftipe jigsaw dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa tentang materi kegiatan ekonomi di kelas 1V SDN 16
Tibawa Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci :Motivasi Belajar,Mode lKooperatif Tipe Jigsaw
Download berkas