Penulis / NIM
TITIE YULIANTY SABIHI / 103812012
Program Studi
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
TITIE YULIANTY SABIHI, 2014. "Meningkatkan Kemampuan Siswa
Berbicara Melalui Metode Bermain Di Kelas I SDN No.93 Sipatana Kota
Gorontalo", e-TA. Program studi PJJ Mandiri Jurusan Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, 2014. Pembimbing
I Dr.Hj.Rusmin Husain,S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Dra.Dajani Suleman,
M.Hum.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah melalui metode bermain dapat
meningkatkan kemampuan siswa berbicara di kelas I SDN No.93 Sipatana Kota
Gorontalo?" Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan kemampuan siswa
berbicara melalui metode bermain di kelas I SDN No.93 Sipatana Kota
Gorontalo.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskritif
kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan materi berbicara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan analisis data
dilaksanakan secara kualitatif dan kwantitatif.
Dari hasil penelitian tindakan kelas pada data awal diperoleh data, dari jumlah
siswa 29 orang yang dikenai tindakan hanya 4 orang siswa (13,8%) yang memiliki
kemampuan berbicara nilai rata-rata 53, pada siklus I hanya sebanyak 20 orang
siswa (69%) yang memiliki kemampuan berbicara dengan nilai rata-rata 68,10.
Dan siklus II meningkat menjadi 27 orang siswa (93,1%) atau dikatakan sudah
memiliki kemampuan berbicara bisa dengan nilai rata-rata 80,2. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa pada aspek berbicara dapat
meningkat melalui metode bermain.
KATA KUNCI: Berbicara, Metode Bermain.
Download berkas