Penulis / NIM
YULIANA LAMATO / 103812015
Program Studi
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Yuliana Lamato, 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Berbalas Pantun
Melalui Model Script Di Kelas IV suatu penelitian di SDN 3 Talaga Jaya
Kabupaten Gorontalo. e-TA Program PJJ Mandiri S I PGSD Jurusan Pendidikan
Anak Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2014. Pembimbing
I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Dra. Dajani Suleman,
M.Hum.
Permasalahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah bagaimana
meningkatkan kemampuan siswa berbalas pantun melalui model pembelajaran
script di kelas IV SDN 3 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan kemapuan siswa berbalas pantun melalui model
pembelajaran script di kelas IV SDN 3 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo.
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi murid dan guru dalam
meningkatkan kemampuan siswa berbalas pantun. Dan untuk siswa penelitian ini
diharapkan lebih terampil dalam membaca teks sesuai intonasi, lafal sehingga
dapat memberikan nilai tambah bagi siswa terutama dalam berbalas pantun
melalui model pembelajaran script.
Hasil penelitian ini adalah usaha yang dilakukan guru selama 2 hari telah
memberikan hasil yang optimal. Pada siklus I diperoleh hasil belajar pada siswa
pada mata pelajaran bahasa Indonesia tentang berbalas pantun yang observasi
awal hanya mendapat 7,12% selanjutnya dilakukan siklus II diperoleh hasil
belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia tentang berbalas pantun dari
siklus I hanya sebesar 7,43% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi
8,84%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran
script dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil
belajar siswa jika model yang digunakan menarik dan jelas.
Kata Kunci : Berbalas Pantun, Model Script
Download berkas