Penulis / NIM
MEISKO A. BANO / 103812017
Program Studi
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Abstrak
ABSTRAK
Meisko A. Bano. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Guided Discovery Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Di Kelas V SDN No.26 Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2019. Pembimbing I Dr. Asni Ilham, S. Pd, M. Pd. dan Pembimbing II Dr. Sukirman Rahim, M. Si
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang disebabkan kurangnya kreatifitas guru dalam menggunakan pendekatan pembelajaran. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan guided discovery pada materi sifat-sifat cahaya. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN No.26 Dungingi Kota Gorontalo, yang berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif antara pendekatan guided discovery terhadap hasil belajar pada materi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN No.26 Dungingi Kota Gorontalo. Hasil ini berdasarkan data yang diperoleh dari hasil belajar siswa, pada observasi awal siswa yang tuntas berjumlah 10 siswa atau 36%, pada siklus I meningkat menjadi 15 siswa atau 54% dan pada siklus II ketuntasan meningkat menjadi 26 siswa atau 93%. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa melalui pendekatan guided discovery pada materi sifat-sifat cahaya meningkat dan mencapai standar ketuntasan yang ditetapkan.
Kata Kunci :Cahaya, Discovery, Guided, Hasil Belajar
ABSTRACT
Meisko A. Bano. 2019. Improving Student Learning Outcomes through the Guided Discovery Approach on the Properties of Light in Class V SDN No.26 Dungingi, Gorontalo City. Thesis, Department of Elementary School Teacher Education, Faculty of Education, Gorontalo State University 2019. Advisor I Dr. Asni Ilham, S. Pd, M. Pd. and Supervisor II Dr. Sukirman Rahim, M. Si
The problem in this study is the low student learning outcomes in science subjects due to the lack of creativity of teachers in using the learning approach. The purpose of this study was to improve student learning outcomes through a guided discovery approach to the material properties of light. The research method used was Classroom Action Research (PTK). The subjects in this study were students of class V SDN No.26 Dungingi Kota Gorontalo, totaling 28 people. Data collection techniques were carried out by observation and tests.
The results showed that there was a positive influence between the guided discovery approach on learning outcomes in the material properties of light in class V SDN No.26 Dungingi Kota Gorontalo. These results are based on data obtained from student learning outcomes, in the initial observations of students who completed 10 students or 36%, in cycle I increased to 15 students or 54% and in cycle II the completeness increased to 26 students or 93%. So it can be concluded that student learning outcomes through the guided discovery approach on the material properties of light increase and achieve the specified completeness standards.
Keywords: Light, Discovery, Guided, Learning Outcomes
Download berkas