SKRIPSI

Penulis / NIM
ASRIN ISMAIL NIODE / 103812020
Program Studi
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK Asrin Ismail Niode. 103 812 020. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Pembagian Bilangan Asli Melalui Metode Bermain Pada Siswa Kelas II SDN 3 Asparaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi Program Studi PJJ Mandiri S-1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dra.Martianty Nalole, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Samsiar RivaI, S.Pd.M.Pd. Masalah pada penelitian ini adalah Apakah kemampuan menyelesaikan pembagian bilangan asli dapat ditingkatkan melalui metode bermain pada siswa kelas II SDN 3 Asparaga Kabupaten Gorontalo?. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan pembagian bilangan asli melalui metode bermain pada siswa kelas II SDN 3 Asparaga Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan melalui 2 siklus dan setiap siklus meliputi empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi dan tahap analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa dari 23 siswa yang dikenai tindakan diperoleh 18 siswa mampu menyelesaikan pembagian bilangan asli atau 78,26% siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas dan 5 siswa belum mampu menyelesaikan pembagian bilangan asli atau 21,74% siswa yang memperoleh nilai di bawah dari 75. Dihubungkan dengan indikator keberhasilan penelitian yang menetapkan minimal 80% siswa memperoleh nilai 75 ke atas berarti indikator keberhasilan yang ditetapkan belum tercapai. Sehingga penelitian dilanjutkan pada siklus II. Hasil penelitian yang dicapai pada siklus II yaitu dari 23 siswa yang dikenai tindakan 21 siswa mampu menyelesaikan pembagian bilangan asli atau 91,30% siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas dan 2 siswa belum mampu menyelesaikan pembagian bilangan asli atau 8,70% siswa yang memperoleh nilai di bawah dari 75. Hasil pada siklus II sudah sesuai dengan indikator yang diharapkan, sehingga penelitian ini tidak dilanjutkan pada siklus berikutnya. Dari hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode bermain kemampuan menyelesaikan pembagian bilangan asli pada siswa kelas II SDN 3 Asparaga Kabupaten Gorontalo meningkat. Kata Kunci : Kemampuan, Pembagian, Bilangan Asli, Metode Bermain
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011