Penulis / NIM
LUSIANTI UMAR / 103812021
Program Studi
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Abstrak
ABSTRAK
Lusianti Umar. 103 812 021 Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi
Identifikasi Gerak Benda Melalui Metode Eksperimen Dikelas III SDN 1 Motilango
Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara.Jurusan Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof.
Dr.H.Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dr.Sukirman Rahim,S.Pd,
M.Si
Permasalahan yang dikaji penelitian adalah " Apakah melalui metode eksperimen
dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang materi identifikasi gerak benda
dikelas III SDN 1 Motilango Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara ?".
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi
gerak benda melalui metode eksperimen dikelas III SDN 1 Motilango kecamatan
anggrek kabupaten gorontalo utara.Hipotesis dalam penelitian berbunyi " Jika dalam
pembelajaran materi identifikasi gerak benda digunakan metode eksperimen, maka
pemahaman siswa kelas III SDN 1 Motilango akan meningkat.Metode Penelitian ini
menggunakan penelitian tindakan kelas,dengan tujuan untuk meningkatkan
pemahaman siswa tentang materi identifikasi gerak benda melalui metode eksperimen
dikelas III SDN 1 Motilango Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara.Hasil
penelitian pada observasi awal 57,14 dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan
8 siswa meningkat 64,28 dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan 9 siswa
(52,28%) pada siklus 1,sementara pada siklus II sudah mencapai 92,85 dengan
jumlah siswa yang mencapai ketuntasan 13 siswa atau (83,85%).Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa melalui metode eksperimen pemahaman siswa tentang
materi identifikasi gerak benda Kelas III SDN 1 Motilango kecamatan Anggrek
Kabupaten Gorontalo Utara Meningkat,
Kata kunci: Pemahaman, Eksperimen
Download berkas