Penulis / NIM
YULAN TABRANI / 103812023
Program Studi
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Yulan Tabrani, 2014. Meningkatkan Kemampuan Bermain Drama Melalui
Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas V SDN 1 Pantungo Kabupaten
Gorontalo. Program Studi PJJ Mandiri S 1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Univesitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd, dan Pembimbing II Dra. Ratnarti
Pahrun, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah"Apakah melalui metode bermain
peran kemampuan siswa kelas V SDN 1 Pantungo Kab. Gorontalo dalam
bermain drama dapat meningkat"? Adapun tujuan yang diharapkan dari penelitian
ini adalah" Untuk meningkatkan kemampuan bermain drama melalui metode
bermain peran pada siswa kelas V SDN 1 Pantungo Kabupaten Gorontalo.
Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan mengunakan teknik
pengumpulan melalui observasi, dan dokumentasi dan subjek dalam penelitian ini
adalah 23 orang siswa kelas V SDN 1 Pantungo Kabupaten Gorontalo.
Hasil obsevasi awal untuk ketuntasan kemampuan siswa dalam bermain drama
memperoleh hasil yang sangat rendah, yakni dari 23 jumlah siswa kelas V hanya 6
orang siswa atau 26 %, dan untuk siklus I untuk ketuntasan kemampuan siswa
bermain drama melalui metode bermain peran siswa dengan perolehan nilai
minimal 70 nampak 13 orang atau 57 %. Sedangkan untuk tindakan pembelajaran
siklus II, hasil kemampuan siswa dalam bermain drama telah meningkat hingga
nampak 20 orang atau 87 % dari hasil sebelumnya. Kesimpulan berdasarkan hasil
penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus dapat disimpulkan
bahwa dengan menggunakan metode bermain peran pada siswa kelas V SDN 1
Pantungo Kabupaten Gorontalo, hasil kemampuan siswa dalam bermain drama
sudah meningkat.
Kata Kunci : Bermain Drama, Bermain Peran.
Download berkas