Penulis / NIM
YULIANA / 103812026
Program Studi
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK
Yuliana. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perpindahan
Energi Panas Melalui Metode Eksperimen. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing I. Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si. Pembimbing II. Gamar
Abdullah, S.Si, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini bahwa dengan melalui metode eksperimen
hasil belajar materi perpindahan energi panas dikelas IV SDN No. 84 Kota
Tengah Kota Gorontalo akan meningkat hasil belajar siswa pada materi
perpindahan energi panas dikelas IV SDN No. 84 Kota Tengah Kota Gorontalo.
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Hipotesis dalam penelitian
tindakan kelas ini menggunakan metode eksperimen.
Pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan menerapkan metode eksperimen hasil
belajar siswa belum mencapai indikator yang diharapkan. Sehingga dilaksanakan
siklus II sebagai refleksi dari siklus I. Pada siklus II terjadi peningkatan dari hasil
belajar yaitu dari 58 % meningkat menjadi 87 % atau indicator kinerja tercapai.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan melalui metode eksperimen
dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA khususnya pada
materi perpindahan energi panas di Kelas IV.
Kata Kunci: Perpindahan, Eksperimen, Energi
Download berkas