Penulis / NIM
NURHAYATI N. MUHARAM / 103812028
Program Studi
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Nurhayati N. Muharam. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis
Karangan Narasi Melalui Media Gambar Seri Di Kelas IV SDN 5 Biluhu
Kabupaten Gorontalo. e - TA, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas
Ilmu Pendidikan, Universitas Negari Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin
Husain, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M. Hum
Masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah melalui media gambar seri
kemampuan siswa menulis karangan narasi di kelas IV SDN 5 Biluhu Kabupaten
Gorontalo dapat meningkat?. Tujuan dalam Penelitian ini adalah untuk
meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan narasi melaui media gambar
seri di kelas IV SDN 5 Biluhu Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang
digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas IV SDN 5
Biluhu Kabupaten Gorontalo. Karakteristik subyek dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 16 orang yang terdiri dari 6 orang laki-laki
dan 10 orang perempuan.
Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran kemampuan siswa menulis
karangan narasi di kelas IV SDN 5 Biluhu Kabupaten Gorontalo pada obsevasi
awal hanya berjumlah 5 orang atau sebesar 31,25%, pada siklus I meningkat
menjadi 10 orang atau 62,5% dan pada siklus II kemampuan meningkat lagi
menjadi 15 orang atau kemampuan sebesar 93,75%.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa menulis karangan
narasi di kelas IV SDN 5 Biluhu kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan melalui
media gambar seri.
Kata Kunci : Kemampuan Menulis Karangan Narasi, Media Gambar Seri.
Download berkas