SKRIPSI

Penulis / NIM
FERY MAARUF / 103812029
Program Studi
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK FERY MAARUF, 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kelas Rangkap Di Kelas Awal SD Inpres Kelas Jauh Karya Indah Kecamatan Buntulia Kabupaten Pohuwato. E-TA, Program PJJ Madiri, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan pembelajaran kelas rangkap dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas awal SD Inpres Kelas Jauh Karya Indah ? Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kelas rangkap di kelas awal SD Inpres Kelas Jauh Karya Indah Kecamatan Buntulia Kabupaten Pohuwato. Melalui pembelajaran kelas rangkap, pada siklus I, data yang diperoleh yaitu jumlah siswa secara keseluruhan di kelas awal yang memperoleh nilai 75 ke atas sebanyak 31 orang siswa dari 52 orang siswa atau sebanyak 60%. Untuk daya serap seluruh siswa terhadap materi yang diajarkan yaitu rata-rata 74,42%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan melaksanakan pembelajaran kelas rangkap model 222 pada proses pembelajaran belum mencapai indikator kinerja. Oleh karena itu dilakukan penelitian lanjutan pada siklus II. Data yang diperoleh mengalami peningkatan yaitu secara keseluruhan siswa yang diperoleh nilai 75 ke atas sebanyak 42 orang siswa dari 52 orang siswa atau sebanyak 81%. Untuk daya serap seluruh siswa terhadap materi yang diajarkan yaitu rata-rata 81,73%. Melihat hasil perolehan siklus I dan siklus II terjadi peningkatan perolehan hasil belajar sebesar 21%. Berdasarkan hasil capaian tersebut di atas maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kelas rangkap model 222 dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas awal khususnya kelas 2 dan kelas 3. Kata Kunci : Hasil Belajar, PKR model 222
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011