SKRIPSI

Penulis / NIM
ISKANDAR SAMANGKA / 103812030
Program Studi
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK ISKANDAR SAMANGKA. NIM. 103 812 030. Meningkatkan Kemampuan Menentukan Panjang Sisi Kubus Berdasarkan Volume Melalui Metode Penemuan Terbimbing pada siswa Kelas V SDN 9 Asparaga Kecamatan Asparaga Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1. Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd Dan Pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah Kemampuan Menentukan Panjang Sisi Kubus Berdasarkan Volume dapat ditingkatkan Melalui Metode Penemuan Terbimbing ?". Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan Kemampuan Menentukan Panjang Sisi Kubus Berdasarkan Volume Melalui Metode Penemuan Terbimbing pada siswa kelas V SDN 9 Asparaga Kecamatan Kabupaten Gorontalo.Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, dengan maksud untuk memberikan gambaran terhadap peningkatan Kemampuan Menentukan Panjang Sisi Kubus Berdasarkan Volume Melalui Metode Penemuan Terbimbing pada siswa kelas V SDN 9 Asparaga Kecamatan Kabupaten Gorontalo. Hasil penelitian pelaksanaan siklus I masih kurang dari presentase. kegiatan guru yang hanya mencapai 4 aspek atau (21,05%) yang berkriteria baik sedangkan 15 aspek lainnya atau (78,94%) berkriteria cukup. Kegiatan siswa dari 15 aspek yang memperoleh kriteria baik terdiri atas 2 aspek atau (13,33%) sedangkan yang berkriteria cukup terdiri atas 13 aspek atau (86,66%) Pada siklus II siswa yang dikenai tindakan hadir seluruhnya, setelah diadakan evaluasi dan analisis kegiatan guru mencapai 17 aspek atau (89,47%) berkriteria baik sedangkan 2 aspek lainnya atau (10,52%) berkriteria cukup. Kegiatan siswa dari 15 aspek yang memperoleh kriteria baik terdiri atas 13 aspek atau (86,66%) sedangkan yang berkriteria cukup terdiri atas 2 aspek atau (13,33%) dan peningkatan Kemampuan Menentukan Panjang Sisi Kubus Berdasarkan Volume Melalui Metode Penemuan Terbimbing Peningkatan kemampuan siswa ini didasarkan pada obsrvasi awal (27,5%), penelitian tindakan siklus I (63,75%) atau meningkat 51,25% dan penelitian tindakan Siklus II (83,12%) atau Meningkat 19,75%. keberhasilan pada penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa "dengan menggunakan Metode Penemuan Terbimbing, Kemampuan menentukan Panjang Sisi Kubus Berdasarkan Volume Pada Siswa Kelas V SDN 9 Asparaga Kecamatan Asparaga Kabupaten Gorontalo meningkat. Kata Kunci : Kemampuan, Volume Kubus, Metode Penemuan Terbimbing
Download FILE

ARSIP

2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011