Penulis / NIM
ISKANDAR SAMANGKA / 103812030
Program Studi
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK
ISKANDAR SAMANGKA. NIM. 103 812 030. Meningkatkan Kemampuan
Menentukan Panjang Sisi Kubus Berdasarkan Volume Melalui Metode Penemuan
Terbimbing pada siswa Kelas V SDN 9 Asparaga Kecamatan Asparaga
Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1. Dra. Samsiar
Rivai, S.Pd, M.Pd Dan Pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah Kemampuan Menentukan
Panjang Sisi Kubus Berdasarkan Volume dapat ditingkatkan Melalui Metode
Penemuan Terbimbing ?". Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah
untuk meningkatkan Kemampuan Menentukan Panjang Sisi Kubus Berdasarkan
Volume Melalui Metode Penemuan Terbimbing pada siswa kelas V SDN 9
Asparaga Kecamatan Kabupaten Gorontalo.Metode penelitian ini menggunakan
penelitian tindakan kelas, dengan maksud untuk memberikan gambaran terhadap
peningkatan Kemampuan Menentukan Panjang Sisi Kubus Berdasarkan Volume
Melalui Metode Penemuan Terbimbing pada siswa kelas V SDN 9 Asparaga
Kecamatan Kabupaten Gorontalo.
Hasil penelitian pelaksanaan siklus I masih kurang dari presentase. kegiatan guru
yang hanya mencapai 4 aspek atau (21,05%) yang berkriteria baik sedangkan 15
aspek lainnya atau (78,94%) berkriteria cukup. Kegiatan siswa dari 15 aspek yang
memperoleh kriteria baik terdiri atas 2 aspek atau (13,33%) sedangkan yang
berkriteria cukup terdiri atas 13 aspek atau (86,66%) Pada siklus II siswa yang
dikenai tindakan hadir seluruhnya, setelah diadakan evaluasi dan analisis kegiatan
guru mencapai 17 aspek atau (89,47%) berkriteria baik sedangkan 2 aspek lainnya
atau (10,52%) berkriteria cukup. Kegiatan siswa dari 15 aspek yang memperoleh
kriteria baik terdiri atas 13 aspek atau (86,66%) sedangkan yang berkriteria cukup
terdiri atas 2 aspek atau (13,33%) dan peningkatan Kemampuan Menentukan
Panjang Sisi Kubus Berdasarkan Volume Melalui Metode Penemuan Terbimbing
Peningkatan kemampuan siswa ini didasarkan pada obsrvasi awal (27,5%),
penelitian tindakan siklus I (63,75%) atau meningkat 51,25% dan penelitian
tindakan Siklus II (83,12%) atau Meningkat 19,75%. keberhasilan pada penelitian
ini, dapat disimpulkan bahwa "dengan menggunakan Metode Penemuan
Terbimbing, Kemampuan menentukan Panjang Sisi Kubus Berdasarkan Volume
Pada Siswa Kelas V SDN 9 Asparaga Kecamatan Asparaga Kabupaten Gorontalo
meningkat.
Kata Kunci : Kemampuan, Volume Kubus, Metode Penemuan Terbimbing
Download berkas