SKRIPSI

Penulis / NIM
MASRIN M. DATUELA / 103812032
Program Studi
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK Masrin M. Datuela. 2014. Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Prinsip- Prinsip Pesawat Sederhana Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN 2 Inomunga Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Pembimbing I : Prof. Dr. Abdul Haris Panai, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II : Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang prinsip-prinsip pesawat sederhana di kelas V SDN 2 Inomunga Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara ?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode eksperimen dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang prinsip-prinsip pesawat sederhana pada siswa kelas V SDN 2 Inomunga Utara Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Hipotesis dari penelitian ini adalah "Jika digunakan metode eksperimen dalam prinsip-prinsip pesawat sederhana, maka pemahaman siswa kelas V SDN 2 Inomunga Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara akan meningkat". Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan sebesar 72,73 % (8 orang), Nilai rata-rata 74,73 dan daya serap 74,15 %. Sementara pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang sangat signifikan sebesar 18,17 %, dimana siswa yang mencapai ketuntasan sebesar 90,90 % (10 orang), dengan nilai rata-rata 84,36, dan daya serap 84,38%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Pemahaman siswa kelas V SDN 2 Inomunga Utara tentang prinsip-prinsip pesawat sederhana dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode eksperimen, hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa dari setiap siklus yang dilakukan. Kata Kunci : Pemahaman siswa, metode eksperimen
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011