Penulis / NIM
MASRIN M. DATUELA / 103812032
Program Studi
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK
Masrin M. Datuela. 2014. Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Prinsip-
Prinsip Pesawat Sederhana Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN
2 Inomunga Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.
Pembimbing I : Prof. Dr. Abdul Haris Panai, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II :
Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan metode
eksperimen dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang prinsip-prinsip
pesawat sederhana di kelas V SDN 2 Inomunga Kecamatan Kaidipang Kabupaten
Bolaang Mongondow Utara ?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
apakah metode eksperimen dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang
prinsip-prinsip pesawat sederhana pada siswa kelas V SDN 2 Inomunga Utara
Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Hipotesis dari
penelitian ini adalah "Jika digunakan metode eksperimen dalam prinsip-prinsip
pesawat sederhana, maka pemahaman siswa kelas V SDN 2 Inomunga Kecamatan
Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara akan meningkat". Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh hasil belajar siswa yang
mencapai ketuntasan sebesar 72,73 % (8 orang), Nilai rata-rata 74,73 dan daya
serap 74,15 %. Sementara pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa
yang sangat signifikan sebesar 18,17 %, dimana siswa yang mencapai ketuntasan
sebesar 90,90 % (10 orang), dengan nilai rata-rata 84,36, dan daya serap 84,38%.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Pemahaman siswa kelas V
SDN 2 Inomunga Utara tentang prinsip-prinsip pesawat sederhana dapat
ditingkatkan dengan menggunakan metode eksperimen, hal ini dibuktikan dengan
peningkatan hasil belajar siswa dari setiap siklus yang dilakukan.
Kata Kunci
: Pemahaman siswa, metode eksperimen
Download berkas