Penulis / NIM
WIRDA DUWENTE / 103812034
Program Studi
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Abstrak
ABSTRAK
Wirda Duwente. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi
Struktur Bumi Dengan Menggunakan Media Audio Visual di Kelas V SDN 6
Tapa Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing I: Prof. Dr. H. Abd Haris PanaI, S.Pd. M.Pd., Pembimbing II:
Dr. Sukirman Rahim, S.Pd. M.Si.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Media Audio Visual dalam
pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi struktur
bumi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V
pada materi struktur bumi di SDN 6 Tapa Kecamatan Tapa Kabupaten Bone
Bolango. Melalui penerapan media audio visual, pada siklus I, data yang
diperoleh yaitu jumlah siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas terdapat 16 orang
siswa dari 29 orang siswa, atau sebanyak (55,17%), dan untuk daya serap siswa
72,75%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada pelaksanaan tindakan siklus
I dengan menerapkan media audio visual, belum mencapai indicator kinerja. Oleh
karena indicator kinerja belum terpenuhi maka dilakukan penelitian lanjutan pada
siklus II, data yang diperoleh mengalami peningkatan yang siknifikan yaitu siswa
yang memperoleh nilai 75 ke atas berjumlah 24 orang siswa atau (82,75%),
Sedangkan untuk daya serap pada siklus II yaitu 86,55%. Kalau kita melihat hasil
perolehan siklus I dan siklus II terjadi peningkatan perolehan hasil belajar sebesar
27,58%. Berdasarkan hasil capaian tersebut di atas maka penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa
dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi Struktur Bumi.
Kata Kunci: Media Audio Visual.
Download berkas