Penulis / NIM
DEFLIN R. HARUN / 103812035
Program Studi
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK
Deflin R. Harun. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Pengaruh
Matahari Bagi Bumi Melalui Pendekatan Kontekstual. Skripsi. Jurusan
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri
Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Asni Ilham, S.Pd, M.Si dan pembimbing II
Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa pada materi
Pengaruh Matahari Bagi Bumi dapat di tingkatkan melalui pendekatan
kontekstual pada siswa kelas II SDN 6 Biluhu Kabupaten Gorontalo. Penelitian
ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi pengaruh matahari
bagi bumi di kelas II SDN 6 Biluhu Kabupaten Gorontalo. Hipotesis dalam
penelitian ini adalah jika dalam pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan
pendekatan kontekstual hasil belajar siswa tentang pengaruh matahari bagi bumi
pada siswa kelas II SDN 6 Biluhu Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo akan
meningkat. Pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan menerapkan pendekatan
kontekstual hasil belajar siswa belum mencapai indikator yang diharapkan.
Sehingga dilaksanakan siklus II sebagai refleksi dari siklus I. Pada siklus II terjadi
peningkatan dari hasil belajar yaitu dari 56 % meningkat menjadi 82 % atau
indikator kinerja tercapai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan
melalui pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran IPA khususnya pada materi Pengaruh Matahari Bagi Bumi di Kelas
II.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Pengaru Matahari Bagi Bumi , Pendekatan
Kontekstual
Download berkas