Penulis / NIM
YUYUN NIODE / 103812036
Program Studi
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Niode, Yuyun. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menceritakan Kembali
Isi Dongeng Melalui Media Audio Visual Di Kelas II SDN No 93 Sipatana Kota
Gorontalo. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan,
Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hashim, M.Pd. dan
Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd.
Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa
dalam menceritakan kembali isi songeng pada mata pelajaran Bahasa Indonesia,
khususnya pada aspek keterampilan bercerita, siswa kurang berani, takut dan
kurang percaya diri untuk berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
kemampuan siswa dalam bercerita pada pembelajaran menceritakan kembali isi
dongeng yang dilakukan melalui dua siklus dengan menggunakan media audio
visual. setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Ada beberapa hal yang dinilai dari penelitian yang dilakukan dalam dua
siklus ini, yaitu penilaian tentang ketepatan isi cerita, ketepatan kalimat dan
kelancaran.
Pada observasi awal, kemampuan siswa dalam menceritakan kembali isi dongeng
hanya 9 orang siswa atau 40%. Pada pelaksanaan siklus I, siswa yang mampu
sebanyak 68 % dan yang tidak mampu 32 %. Pada siklus II, siklus II terjadi
peningkatan dalam menceritakan kembali isi dongeng. Ini dilihat dari tiga aspek
penilaian yang dilakukan. Pada aspek ketepatan isi cerita siswa yang mampu ada
14 orang (64 %), pada aspek ketepatan kalimat ada 16 orang (73 %) siswa yang
mampu, dan pada aspek kelancaran ada 15 orang (68%) siswa yang mampu.
Sedang siswa yang masih kurang mampu pada aspek ketepatan isi cerita ada 8
orang (34 %), aspek ketepatan kalimat ada 6 orang (27%), dan kelancaran ada 7
orang (32 %).
Kata Kunci : Dongeng, Media Audio Visual, Menceritakan Kembali.
Download berkas