Penulis / NIM
SUKRI JEVRI YANTO PODUNGGE / 103812038
Program Studi
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstrak
Sukri Jevri Yanto Podungge. 2014. " Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPS Melalui Metode Inkuiri Di Kelas V SDN 96 Sipatana Kota Gorontalo ". E-TA. Program Studi S I - PGSD. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si, Pembimbing II Dra Elmia Umar, M.Pd.
Tujuan penelitian untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik melalui metode inkuiri pada materi perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan di kelas V SDN 96 Sipatana. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian 20 orang peserta didik kelas V SDN 96 Sipatana. Hipotesis dalam penelitian ini yang berbunyi " jika dalam proses pembelajaran, guru menggunakan metode inkuiri maka aktivitas belajar dalam pembelajaran IPS kelas V SDN 96 Sipatana Kota Gorontalo akan meningkat".
Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar peserta didik pada data observasi awal menunjukkan dari 20 orang peserta didik yang memiliki aktivitas belajar peserta didikhanya 5 orang peserta didik ( 25% ). Hasil penelitian siklus I terjadi kenaikan yaitu dari 20 orang peserta didik, yang memiliki aktivitas belajar 9 orang peserta didik ( 45% ). Sedangkan siklus II terjadi kenaikan yang signifikan yaitu dari 20 orang peserta didik, yang memiliki aktivitas belajar 85%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode inkuiri dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada materi perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan di kelas V SDN 96 Sipatana Kota Gorontalo diterima.
Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Metode Inkuiri.
Download berkas