Penulis / NIM
RAHMAT ABDUL / 103812039
Program Studi
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Abstrak
ABSTRAK
Rahmat Abdul 2014 Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Gerak
Benda Pada Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Kontekstual Di Kelas
III SDN No. 32 Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Program Studi S1
PJJ Mandiri Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI,
S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, MSi
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan
pendekatan kontekstual dalam pembelajaran tentang gerak benda hasil belajar
siswa kelas III SDN 32 Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo akan meningkat?
Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III
tentang gerak benda melalui pendekatan kontekstual Di SDN 32 Kecamatan Kota
Selatan Kota Gorontalo.
Hipotesis penelitian ini adalah jika digunakan pendekatan kontekstual pada materi
gerak benda pada siswa kelas III SDN No. 32 Kecamatan Kota Selatan Kota
Gorontalo maka hasil belajar siswa meningkat.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa tentang
gerak benda sesuai dengan indikator kinerja yang ditetapkan.
Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kontekstual
maka hasil belajar siswa kelas III SDN No. 32 Kecamatan Kota Selatan Kota
Gorontalo tentang gerak benda meningkat.
Kata kunci : Gerak, Kontekstual, Benda
Download berkas