Penulis / NIM
ISNAWATY DJAILANI / 103812041
Program Studi
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Isnawaty Djailani 2014 Meningkatkan kemampuan siswa membaca puisi melalui media audiovisaul kelas II SD Laboratorium UNG Kota Gorontalo. Program Studi S1 PJJ Mandiri Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Hj Evi Hasim, M.Pd. dan Pembimbing II Dra. Hj Ratnarti Fahrun, M.Pd.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui media Audio visual kemampuan membaca puisi pada siswa kelas II SD Laboratorium UNG Kota Gorontalo dapat ditingkatkan? Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca puisi melalui media Audio visual Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan media Audio visual, dan subjek dalam penelitian ini adalah 26 orang siswa kelas II SD Laboratorium UNG Kota Gorontalo.
Hasil penelitian yang diperoleh pada observasi awal dari 26 siswa hanya 6 orang atau 23 % yang mampu membaca puisi dengan baik. Setelah diadakan penelitian dengan media audio visual pada siklus I untuk kemampuan siswa dalam membaca puisi siswa dengan perolehan nilai minimal 75 nampak telah meningkat menjadi 18 orang siswa atau 69 %. Sedangkan untuk tindakan pembelajaran siklus II, hasil kemampuan siswa dalam membaca puisi telah meningkat hingga mencapai 96 % dari hasil sebelumnya. Simpulan berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media Audio visual pada siswa kelas II SD SD Laboratorium UNG Kota Gorontalo hasil kemampuan siswa membaca puisi meningkat.
Kata kunci : Membaca Puisi dan Media Audio visual
Download berkas