Penulis / NIM
FITRIA NINGSIH HINAWU / 103812042
Program Studi
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Abstrak
ABSTRAK
Fitria Ningsih Hunawu,2014"Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Sumber
Energi melalui Penerapan Metode Penemuan Terbimbing pada Siswa Kelas II
SDN 17 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo"Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru
SekolahDasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing 1.Dr.Hj.Asni Ilham S.Pd M.Si dan Pembimbing 2 Dr,sukirman
Rahim S.Pd M.Si
Masalah dalam penelitian ini adalah: rendahnya hasil belajar siswa kelas II SDN
17 Telaga Biru dalam mata pelajaran IPA materi tentang sumber energi.Tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA
melalui metode penemuan terbimbing.Teknik yang digunakan dalam
pengumpulan data adalah observasi dan tes kemampuans iswa.Teknik analisis
data penelitian menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif deskriptif
persentase.Berdasarkan data observasi awal hasil penilaian terhadap hasil belajar
siswa adalah nilai rata-rata 54,5.Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam
dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2 dilaksanakan dua kali pertemuan yang setiap
siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi. Dari hasil refleksi pada setiap siklus baik nilai rata-rata maupun aktivitas
siswa pada setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan. Data analisis hasil
belajar siswa pada evaluasi siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang
dicapai adalah 67. Dari 20 siswa yang terdapat di kelasII SDN 17 Telaga Biru
yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar sebanyak 10 siswa atau 50%,
sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 10 siswa atau 50%. Hasil analisis
belajar siswa pada evaluasi akhir siklus II menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang
dicapai oleh 20 siswa adalah 75 .Siswa yang telah mencapai ketuntasan sebanyak
16 siswa atau 80% sedangkan yang belum tuntas dalam belajar sebanyak 4 siswa
atau20%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan
menggunakan metode penemuan terbimbing dapa tmeningkatkan hasil belajar
siswa kelasII SDN 17Telaga Biru pada mata pelajaran IPA.Untuk itu disarankan
agar guru lain dalam melakukan pembelajaran IPA dapat menggunakan metode
penemuan terbimbing.
Kata Kunci
: hasilbelajar, sumber energi, danpenemuan terbimbing
Download berkas