Penulis / NIM
RANTO MUSA / 103812044
Program Studi
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
Ranto Musa. 2015. Meningkatkan Kemampuan Menggunakan Pecahan dalam Masalah Skala melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada Siswa Kelas V-B SDN No. 30 Kota Selatan Kota Gorontalo. e-TA. Program Studi PJJ Mandiri S1 PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan Pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan kemampuan menggunakan pecahan dalam masalah skala pada siswa kelas V-B SDN No. 30 Kota Selatan Kota Gorontalo?. Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menggunakan pecahan dalam masalah skala melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada siswa kelas V-B SDN No. 30 Kota Selatan Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi. Metode ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan menggunakan pecahan dalam masalah skala melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada siswa kelas V-B SDN No. 30 Kota Selatan Kota Gorontalo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I terdapat 17 orang atau 61% siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas sehingga belum mencapai indikator kinerja yang ditetapkan, yaitu 75% siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai 75 ke atas. Dengan demikian tindakan pembelajaran dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II terdapat 24 orang atau 86% siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas, ini berarti indikator penelitian telah tercapai dan pembelajaran dianggap tuntas. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match meningkatkan kemampuan menggunakan pecahan dalam masalah skala pada siswa kelas V-B SDN No. 30 Kota Selatan Kota Gorontalo dan hipotesis tindakan diterima.
Kata Kunci: Kemampuan, Pecahan, Make A Match.
Download berkas