Penulis / NIM
FATRISIE PEMBENGO / 103812045
Program Studi
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
FATRISIE PEMBENGO.2015. Meningkatkan Keterampilan Menyelesaikan Soal Cerita Bentuk Pecahan Sebagai Perbandingan dan Skala Melalui Tipe STAD Pada Kelas V SDN 17 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. e-Ta Program PJJ Mandiri S1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd, pembimbing II Dra. Samsiar RivaI, S.Pd. M.Pd.
Masalah dalam penelititan ini adalah "Apakah melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keterampilan menyelesaikan soal cerita bentuk pecahan sebagai perbandingan dan skala pada siswa Kelas V SDN 17 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo?". Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan menyelesaikan soal cerita bentuk pecahan sebagai perbandingan dan skala melalui tipe Student Team Achievement Division pada siswa kelas V di SDN 17 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus meliputi 4 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, dan tahap analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I dari 19 siswa hanya 11 siswa yang terampil menyelesaikan soal cerita bentuk pecahan sebagai perbandingan dan skala atau 57,89 % yang memperoleh nilai 70 ke atas. Dan 8 siswa belum terampil menyelesaikan soal cerita bentuk pecahan sebagai perbandingan dan skala yang atau 42,10% yang memperoleh nilai di bawah 70. Hal ini belum sesuai dengan indikator kinerja yang telah ditetapkan, hingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II siswa yang terampil menyelesaikan soal cerita bentuk pecahan sebagai perbandingan dan skala melalui tipe Student Team Achievement Division sebanyak 16 siswa atau 84,21% yang memperoleh nilai 70 ke atas dan yang belum terampil 3 siswa atau 15,79% yang memperoleh nilai di bawah 70. Dengan demikian disimpulkan bahwa dengan tipe Studdent Team Achievement Division, keterampilan menyelesaikan soal cerita bentuk pecahan sebagai perbandingan dan skala di kelas V SDN 17 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo meningkat
Kata Kunci : Siswa, Keterampilan, Pecahan, Perbandingan, Skala, Student, Team Achievement, Division (STAD)
Download berkas