Penulis / NIM
ENTI MAHAMU / 111408019
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABDUL KADIR HUSAIN, M.Pd, Kons / 0016115606
Pembimbing 2 / NIDN
MURHIMA A KAU, S.Psi, M.Si / 0030047303
Abstrak
ABSTRAK
Enti Mahamu. 2012. Meningkatkan Kemampuan Berinteraksi Sosial Meialui Teknik Bermain Reran Pada Anak Kelompok B TK Montessori Keeamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango, Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Abd Kadlr Husain, M.Pd,Kons dan Pembimbing II Murhlma A. Kau, S.Psi, M.Psi
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan dalam berinteraksi sosia! di TK Montessori Desa Botutonuo Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berinteraksi sosial anak di TK Montessori Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Hlpotesis dalam penelitian ini "Jika guru menggunakan teknik Bermain Peran maka dapat meningkatkan kemampuan berinteraksi sosial pada anak kelompok B TK Montessori Keeamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango". Indikator Kinerja Penelitian Tindakan Kelas ini adalah apabila kemampuan berinteraksi sosial anak TK Montessori meningkat dari 20% menjadi 80% dari jumlah keseluruhan anak sebanyak 20 orang.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan Berinteraksi Sosial anak TK Montessori Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan meialui metode bermain Peran dimana diperoleh hasil pada siklus I adalah 50% dan hasli penelitian pada siklus II 80%.
Kata Kunci. Kemampuan Berinteraksi sosial
Download berkas