SKRIPSI

Penulis / NIM
FITRIYANTY A. NUSI / 111408032
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARDIA BIN SMITH, S.Pd, M.Si / 0005125908
Abstrak
ABSTRAK Fitriyanty A. Nusi. 2012. Pengaruh Teknik Bermain Peran Dan Cinema Therapy Terhadap Percaya Diri Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Limboto. Skripsi, Jurusan Bimbingan Dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Hj. Maryam Rahim M.Pd. dan Pembimbing II, Dra. Hj. Mardia Bin Smith, S.Pd. M.Si. Permasalahan yang dihadapi di SMP Negeri 2 Limboto adalah adanya siswa yang mengalami masalah dengan percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik bermain peran dan cinema therapy terhadap percaya diri siswa melalui suatu eksperimen. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan (true experiment) yang menggunakan desain “pretest-posttest control group design”. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel yaitu variabel (Teknik Bermain Peran), (Cinema Therapy), dan variabel Y (Percaya Diri). Anggota populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Limboto yang berjumlah 187 orang yang terbagi dalam 7 kelas. Sedangkan yang menjadi anggota sampel adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 30 orang dan terbagi dalam dua kelompok eksperimen (15 orang kelompok eksperimen dan 15 orang kelompok kontrol). Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Angket yang disebarkan sebanyak dua kali yakni sebelum pemberian tindakan dan sesudah pemberian tindakan. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji t, dan untuk perbedaan hipotesis digunakan uji t’. Dari hasil perhitungan kelompok eksperimen diperoleh harga sebesar 3,56. Sedang dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh (28) = 2,05. Artinya bahwa hipotesis teknik bermain peran berpengaruh terhadap percaya diri diterima. Dan kelompok kontrol diperoleh harga sebesar -6,78. Sedang dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh (28) = 2,05. Artinya bahwa hipotesis teknik cinema therapy berpengaruh terhadap percaya diri diterima. Untuk uji perbedaan diperoleh harga t’hitung sebesar 6,67. Sedang dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh t(0.975) = 2,13. Artinya bahwa hipotesis teknik bermain peran dan cinema therapy berpengaruh secara berbeda terhadap percaya diri diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka teknik bermain peran dan cinema therapy sangat tepat dilakukan untuk meningkatkan percaya diri siswa. Kata kunci : Teknik Bermain Peran, Cinema Therapy, dan Percaya Diri.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011