Penulis / NIM
FITRIYANTY A. NUSI / 111408032
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARDIA BIN SMITH, S.Pd, M.Si / 0005125908
Abstrak
ABSTRAK
Fitriyanty A. Nusi. 2012. Pengaruh Teknik Bermain Peran Dan Cinema Therapy Terhadap Percaya Diri Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Limboto. Skripsi, Jurusan Bimbingan Dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Hj. Maryam Rahim M.Pd. dan Pembimbing II, Dra. Hj. Mardia Bin Smith, S.Pd. M.Si.
Permasalahan yang dihadapi di SMP Negeri 2 Limboto adalah adanya siswa yang mengalami masalah dengan percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik bermain peran dan cinema therapy terhadap percaya diri siswa melalui suatu eksperimen.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan (true experiment) yang menggunakan desain “pretest-posttest control group design”. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel yaitu variabel (Teknik Bermain Peran), (Cinema Therapy), dan variabel Y (Percaya Diri). Anggota populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Limboto yang berjumlah 187 orang yang terbagi dalam 7 kelas. Sedangkan yang menjadi anggota sampel adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 30 orang dan terbagi dalam dua kelompok eksperimen (15 orang kelompok eksperimen dan 15 orang kelompok kontrol). Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Angket yang disebarkan sebanyak dua kali yakni sebelum pemberian tindakan dan sesudah pemberian tindakan. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji t, dan untuk perbedaan hipotesis digunakan uji t’.
Dari hasil perhitungan kelompok eksperimen diperoleh harga sebesar 3,56. Sedang dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh (28) = 2,05. Artinya bahwa hipotesis teknik bermain peran berpengaruh terhadap percaya diri diterima. Dan kelompok kontrol diperoleh harga sebesar -6,78. Sedang dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh (28) = 2,05. Artinya bahwa hipotesis teknik cinema therapy berpengaruh terhadap percaya diri diterima. Untuk uji perbedaan diperoleh harga t’hitung sebesar 6,67. Sedang dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh t(0.975) = 2,13. Artinya bahwa hipotesis teknik bermain peran dan cinema therapy berpengaruh secara berbeda terhadap percaya diri diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka teknik bermain peran dan cinema therapy sangat tepat dilakukan untuk meningkatkan percaya diri siswa.
Kata kunci : Teknik Bermain Peran, Cinema Therapy, dan Percaya Diri.
Download berkas