SKRIPSI

Penulis / NIM
INTAN YULIANA A.DETUAGE / 111408042
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd / 0008067506
Abstrak
ABSTRAK Detuage, Intan Yuliana A. 2012. Studi Komparasi Antara Ibu yang Bekerja dan yang Tidak Bekerja Terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas XI di SMA Negeri I Suwawa. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1) Dra. Hj. Rena L. Madina, M.Pd; Pembimbing (2) Irpan Kasan, S.Ag, M.Pd. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan data dan informasi yang jelas tentang perbandingan prestasi belajar siswa antara ibu yang bekerja dan yang tidak bekerja kelas di SMU Negeri 1 Suwawa. Dalam penelitian ini menggunakan metode atau jenis penelitian kuantitatif korelasional. Di mana penulis bermaksud mengetahui perbandingan antara Ibu yang bekerja dan yang tidak bekerja terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Suwawa kelas XI Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan terdiri dari uji validasi data, uji reliabilitas instrumen, uji normalitas distribusi frekuensi, uji signifikansi dan linearitas regresi, dan uji hipotesis statistika. Hasil yang diperoleh dalam penelitian melalui uji homogenitas diperoleh thit = 3,63 adalah lebih besar dari tdaf = 2,00 (pada taraf signifikansi 5%) maupun tdaf = 2,66 (pada taraf signifikansi 1%) atau dilambangkan thit > tdaf yang mana diperoleh kriteria uji tolak H0 dan terima H1. Sesuai dengan rumusan hipotesis maka terdapat perbedaan rata-rata hasil prestasi belajar siswa yang ibunya bekerja dengan rata-rata hasil belajar siswa yang ibunya tidak bekerja. Dari perhitungan uji perbedaan dua rata-rata tersebut diperoleh thit = 3,63 adalah lebih besar dari tdaft = 1,67 (pada taraf signifikansi 5%) maupun tdaft = 2,39 (pada taraf signifikansi 1%) atau dilambangkan thit > tdaf yang mana diperoleh kriteria uji tolak H0 dan terima H1. Sesuai dengan rumusan hipotesis maka diperoleh bahwa rata-rata prestasi belajar siswa yang ibunya bekerja lebih tinggi dibanding rata-rata prestasi belajar siswa yang ibunya tidak bekerja. Dari data di atas diperoleh persentase perbandingan nilai prestasi belajar siswa yang ibunya bekerja lebih baik daripada nilai prestasi belajar siswa yang ibunya tidak bekerja. Hal ini terlihat dari katagori baik sekali dengan huruf mutu “A” bahwa persentase siswa yang orang tuanya bekerja sebesar 82,35%, hal ini lebih banyak dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang ibunya tidak bekerja sebesar 44,12%. Kata kunci : Ibu yang bekerja, ibu yang tidak bekerja, dan prestasi belajar siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011