Penulis / NIM
MAS AT ALAMRI / 111408063
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd / 0008067506
Abstrak
ABSTRAK
MAS’AT ALAMRI. 2013. Deskripsi Tentang Perilaku Sosial Siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Gorotalo. SKRIPSI. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Maryam Rahim, M.Pd, dan Pembimbing II Irpan Kasan, S.Ag, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengdeskripsikan tentang perilaku sosial siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Gorontalo. Permasalahan yang dikaji adalah : Bagaimanakah perilaku sosial siswa di SMK Negeri 1 Gorontalo? Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan observasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis kuantitatif persentase.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum terdapat enam indikator perilaku sosial siswa yaitu; persaingan, bergaul dan beradaptasi yang masing-masig berada pada kategori cukup dengan persentase 65,6% , 60% ,dan 71,1%. Dua indikator lainnya kerjasama dan simpati berada pada kategori baik dengan persentase masin-masing 85% dan 79%. Sedangkan satu indikator lainnya mengemukakan pendapat berada pada kategori kurang memperoleh persentase 41,7%. Yang berarti secara umum perilaku sosial siswa kelas XI SMK Negeri 1 Gorontalo dalam kategori cukup.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disarankan sekolah sebagai tempat berlangsungnya proses pembelajaran hendaknya turut memberikan perhatian serius terutama sarana dan prasarana pendidikan maupun pembelajaran sehingga siswa dapat memunculkan perilaku sosial yang positif. Guru BK sebagai guru yang mengayomi para peserta didik, hendaknya mampu membangun hubungan baik dan kerjasama antar semua pihak ( baik itu orang tua maupun guru-guru lainnya), guna untuk membimbing siswa agar perilaku sosial yang positif tetap terpelihara dengan baik.
Kata Kunci : Perilaku Sosial Siswa
Download berkas