Penulis / NIM
NOVITA AIRMAS / 111408073
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARDIA BIN SMITH, S.Pd, M.Si / 0005125908
Abstrak
ABSTRAK
NOVITA AIRMAS, 2012. Hubungan Rasa Percaya diri Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Bimbingan Dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidian, Universitas Negeri Gorontalo Pembimbing I Dra. Hj. Tuti Wantu, M.Pd. Kons dan Pembimbing II Dra. Hj.Mardia Bin Smith, S.Pd.M.Si
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui hubungan antara rasa percaya diri dengan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo. Penelitian ini terdiri dari dua Variabel yaitu variabel X (Motivasi Belajar) dan variabel Y (Rasa Percaya Diri) Di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Korelasional. Penelitian korelasioanal yaitu suatu metode yang menggambarkan secara sistematis dan obyektif tentang hubungan antara rasa percaya diri siswa dengan motivasi belajar.
proses pengolahan data dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Pengolahan statistik deskriptif digunakan untuk menyatakan distribusi frekuensi skor responden untuk masing-masing variabel dan pengolahan statistik inferensial sebagai pengujian hipotesis.
Dari hasil uji keberartian koefisien korelasi r2 = 0,381 diperoleh harga dari tHitung sebesar 4,148 sedangkan t(0,05)(28) = 1,701 dengan demikian ternyata tHitung lebih besar dari tTabel atau harga tHitung berada didaerah penerimaan Ho. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Ho diterima dengan koefisien korelasi sangat berarti atau diterima.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa hasil pengolahan data untuk menguji keberartian hubungan variabel X (Motivasi Belajar Siswa) dan variabel Y (Rasa Percaya Diri) diperoleh harga koefisien determinasi (r2) sebesar 0,381%. Hasil ini memberikan arti bahwa terdapat hubungan yang signipikan antara rasa percaya diri dengan motivasi belajar siswa sedangkan sisanya 61,9 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak didesain dalam penelitian ini.
Kata Kunci ; Rasa Percaya Diri, Motivasi Belajar
Download berkas