Penulis / NIM
RAMLA / 111408086
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si / 0002077703
Abstrak
ABSTRAK
RAMLA. NIM. 111 408 086. ”Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Kreativitas Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 6 Kota Gorontalo”. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Pembimbing I (Dr. Hj. Wenny Hulukati, M.Pd), dan pembimbing II (Irvan Usman, Sp.Si. M.Psi).
Rumusan masalah dalam penelitian ini secara umum adalah Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perkembangan kreativitas siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Kota Goronalo. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kreativitas siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Kota Goronalo.
Metode yang digunakan dalam pnelitian ini adalah metode deskriptif/non statistik, dimana penelitian yang terbatas pada usaha mengungkapkan suatu masalah dan keadaan sebagaimana adanya sehingga hanya merupakan penyingkapan fakta dari permasalahan yang diteliti.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa Perkembangan kreativitas yang dimiliki oleh siswa selalu dilakukan oleh guru. Dalam peran yang dilakukan oleh guru adalah mengembangkan kemampuan berpikir siswa baik dari segi pertanyaan, ide atau gagasan, membuka wawasan siswa dan melakukan kegiatan-kegiatan di bidang olahraga maupun kesenian. Sedangkan Faktor internal: faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kreativitas siswa:(1) Faktor Internal yakni Kemampuan intelektual,(kurangnya kemampuan yang dimiliki oleh siswa yang menyebabkan nilai atau hasil belajar siswa rendah), Komitmen (kurangnya kerja sama antar siswa), Intuisi (kurangnya kesadaran siswa dalam mengikuti berbagai kegiatan, baik yang dilakukan oleh sekolah maupun di luar sekolah)
(2) Faktor eksternal, yakni lingkungan keluarga (kurangnya dorongan dan motivasi yang diberikan oleh orang tua; kurangnya perhatian orang tua terhadap kebutuhan yang dimiliki oleh siswa; dan kurangnya komunikasi antar siswa dan orang tua sehingga motivasi siswa untuk belajar rendah); Lingkungan sekolah (lingkungan sekolah yang kurang kondusif danketerbatasan waktu dalam mengembangkan kreativitas yang dimiliki oleh siswa); Lingkungan masyarakat (lingkungan yang kurang kondusif; dan aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran terganggu).
Kata Kunci: Perkembangan, Kreativitas
Download berkas