Penulis / NIM
RINI R. KUNAI / 111408089
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
MURHIMA A KAU, S.Psi, M.Si / 0030047303
Abstrak
ABSTRAK
RINI R. KUNAI. 2013. DESKRIPSI PENYEBAB KURANGNYA AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH SABRUN JAMIL KECAMATAN BOTUPINGGE. SKRIPSI. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Wenny Hulukati, M.Pd, dan Pembimbing II Hj. Murhima A. Kau, S.Psi, M.Psi.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penyebab kurangnya aktivitas belajar siswa di Madrasah Aliyah Sabrun Jamil Kecamatan Botupingge. Permasalahan yang dikaji adalah : (a) Bagaimana aktivitas belajar siswa, (b) Faktor-faktor penyebab kurangnya aktivitas belajar siswa.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang hanya terdiri dari satu variabel yaitu variabel Y tentang kurangnya aktivitas belajar siswa. Yang menjadi populasi dalam sampel dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X sampai dengan kelas XII yang berjumlah 49 orang. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif persentatif. Teknik pengumpulan data dilakukan angket dan observasi.
Penyebab kurangnya aktivitas belajar siswa yaitu faktor internal yang terdiri dari faktor psikologi 71,4% dengan kategori cukup, indikator kecerdasan 65,35% kategori cukup, motivasi 77,55% dengan kategori baik, minat 65,3% dengan kategori cukup, sikap 79,6% dengan kategori baik, bakat 73,5% dengan kategori cukup. faktor eksternal yang terdiri dari faktor lingkungan sosial dengan capaian 76,55% dengan kategori baik, faktor lingkungan non sosial 61,22% dengan kategori cukup.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disarankan adanya sosialisasi kepada para guru maupun orang tua siswa tentang hal-hal yang menyebabkan kurangnya aktifitas belajar siswa guna untuk mengantisipasi agar aktifitas belajar siswa tidak berkurang.
Kata Kunci : Aktifitas Belajar Siswa
Download berkas