Penulis / NIM
RIZKI AMELIA M. ZEN / 111408091
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARDIA BIN SMITH, S.Pd, M.Si / 0005125908
Abstrak
ABSTRAK
Rizki Amelia M. Zen. 2012. Hubungan antara Interaksi Guru Mata
Pelajaran dan Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa di Kelas XI IPA-2 SMA
Negeri 1 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu
Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Rena L.
Madina, M.Pd dan pembimbing II Dra. Hj. Mardia Bin Smith, S.Pd, M.Si.
Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah interaksi guru mata
pelajaran dan siswa dalam proses pembelajaran belum dimanfaatkan secara
optimal sebagai sarana untuk memperbaiki kualitas dan peningkatan prestasi
belajar, adapun rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah
terdapat hubungan antara interaksi guru mata pelajaran dan siswa dengan prestasi
belajar siswa di Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Gorontalo?” Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui hubungan antara interaksi guru mata pelajaran dan
siswa dengan prestasi belajar siswa.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Gorontalo, dengan Anggota populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gorontalo tahun ajaran
2011/2012, yang berjumlah 328 siswa sedangkan anggota sampel dalam
penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-2 yang berjumlah 32 orang siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional, yang
terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (Interaksi Guru Mata Pelajaran dan
siswa) dan variabel Y (Prestasi Belajar Siswa). Alat pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah angket sedangkan observasi dan wawancara
sebagai pelengkap, teknik analisis data yang digunakan ialah analisis Product
Moment yang terdiri dari uji Validitas dan Realibilitas data, uji normalitas data
dan Uji Hipotesis.
Berdasarkan analisis statistik korelasional diperoleh nilai rxy = 0,057 dibandingkan
dengan Nilai ”r” Product Moment ternyata df sebesar 30, pada taraf signifikansi
5% diperoleh rtabel = 0,34. Sedangkan hasil Uji t harga thitung = 0,316 selanjutnya
dibandingkan dengan harga ttabel untuk kesalahan 5% uji dua pihak dan dk=n-2=
32-2=30, maka diperoleh ttabel = 2,042. Ternyata harga thitung < harga ttabel atau
harga t hitung masih berada didalam daerah penerimaan Ho. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa Ho diterima dan menolak Ha. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa hubungan antara interaksi guru mata pelajaran dan siswa
dengan prestasi belajar siswa berada pada korelasi sangat rendah.
Kata Kunci : Interaksi Guru Mata Pelajaran dan Siswa, Prestasi Belajar
Siswa.
Download berkas