Penulis / NIM
RUSMIN PANIGORO / 111408095
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
MURHIMA A KAU, S.Psi, M.Si / 0030047303
Abstrak
ABSTRAK
Rusmin Panigoro, 2012. Mengembangkan Kemampuan Berbicara Melalui Role playying pada Anak Kelompok B TK Harapan Kota Barat Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Hj. Wenny Hulukati, M.Pd, dan Pembimbing II, Murhima A. Kau, S.Psi, M.Psi.
Permasalahan yang peneliti angkat dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan berbicara pada anak TK Harapan Kecamatan Kota Barat Kota Gorontalo dapat dikembangkan melalui role playing? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada anak Kelompok B TK Harapan Kecamatan Kota Barat Kota Gorontalo melalui role playing.
Untuk mendapatkan jawaban terhadap permasalahan di atas, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas pada anak Kelompok B TK Harapan Kecamatan Kota Barat Kota Gorontalo yang jumlah siswanya 24 orang, dengan sistem pembahasan dalam bentuk tiga siklus. Kekurangan atau ketidaktuntasan pada siklus sebelumnya telah dibahas pada siklus selanjutnya.
Dari hasil kegiatan melalui pengamatan yang dilaksanakan dalam tiga siklus tersebut terlihat bahwa telah terjadi perkembangan kemampuan berbicara pada Anak Kelompok B TK Harapan Kota Barat Kota Gorontalo hingga mencapai 91,67 %, melampaui indikator kinerja yang ditetapkan yaitu 80%. Perkembangan ini dilalui secara bertahap yaitu; pada observasi awal kemampuan berbicara anak hanya 45,83 %, pada siklus I mengalami peningkatan hingga mencapai 60 %, pada tindakan siklus II meningkat menjadi 70%, dan pada akhir penelitian siklus III telah mencapai 91,67 %. Dengan demikian, role playing telah menjadi pilihan utama bagi guru pada Anak Kelompok B TK Harapan Kota Barat Kota Gorontalo dalam pembelajaran umumnya terutama dalam mengembangkan kemampuan berbicara pada anak.
Sebagai implikasi atau saran dalam penelitian ini adalah diharapkan kepada guru TK pada umumnya untuk dapat mengoptimalkan pelaksanaan role playing dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak. Di samping itu, diharapkan kepada pihak-pihak terkait untuk memberikan dukungan dalam setiap pelaksanaan tindakan kelas demi perbaikan mutu pendidikan secara multi kompleks.
Kata Kunci: Berkomunikasi, Verbal, dan Role playying.
Download berkas