SKRIPSI

Penulis / NIM
SARPIN MOHAMAD / 111408103
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si / 0002077703
Abstrak
ABSTRAK SAPRIN MOHAMAD. NIM. 111 408 103. Hubungan antara intensitas belajar kelompok dengan prestasi belajar siswa di SDN 15 Dulupi Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo. 2014. SKRIPSI. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1. Dra. Hj. Tuti Wantu, M.Pd, Kons dan Pembimbing 2. Irvan Usman, S.Psi, M.Psi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara intensitas belajar kelompok dengan prestasi belajar siswa di SDN 15 Dulupi Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variable X (intensitas bimbingan belajar) dan variabel Y (aktivitas belajar siswa). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik koesioner yang berisi aspek-aspek kedua variabel tersebut. Dari data yang telah dikumpulkan dapat disimpulkan bahwa kedua variabel memiliki hubungan signifikan. Dari hasil perhitungan diperoleh suatu persamaan regresi yaitu = 44.444 + 0,84X. Hal ini berarti bahwa setiap terjadi perubahan sebesar satu unit pada variabel X (intensitas bimbingan belajar) akan berakibat terjadinya perubahan rata-rata 0.8 unit pada variabel Y (aktivitas belajar siswa). Dari hasil perhitungan data diperoleh koefisien korelasi sebesar = 0.5821. Dari hasil ini, maka koefisien determinasinya adalah 0.3389 atau 33,89% berarti bahwa sebesar 33,89% variasi yang terjadi pada variabel Y (aktivitas belajar siswa) dapat dijelaskan oleh variabel X (intensitas bimbingan belajar) dengan persamaan regresi = 44.444 + 0,84X. Berdasarkan hasil analisis data tersebut di atas, maka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa hipotesis yang berbunyi: "Terdapat hubungan antara intensitas belajar kelompok dengan prestasi belajar siswa di SDN 15 Dulupi Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo", dapat diterima. Dengan memperhatikan tingkat kontribusi variabel X terhadap variabel Y sebesar 33.89%, maka hal ini menunjukkan bahwa masih 66.11% variasi yang terjadi pada prestasi belajar siswa di SDN 15 Dulupi Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Kata Kunci : Intensitas Belajar Kelompok, Prestasi Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011