Penulis / NIM
SITI AISAH / 111408108
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARDIA BIN SMITH, S.Pd, M.Si / 0005125908
Abstrak
ABSTRAK
Siti Aisah. 2012. Pengaruh Teknik Roleplaying terhadap Kecerdasan
Emosional Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan
Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri
Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Maryam Rahim, M.Pd dan pembimbing II Dra.
Hj. Mardia Bin Smith, S.Pd, M.Si.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh gejala yang terjadi di SMA Negeri 1 Kota
Gorontalo tentang kecerdasan emosional siswa kelas X yang hanya 40%.
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperoleh gambaran tentang
pengaruh teknik roleplaying terhadap kecerdasan emosional siswa melalui
eksperimen.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain
penelitian “One Group Pre-Test and Post-Test Design” yang terdiri dari dua
variabel yaitu variabel X (teknik roleplaying) dan variabel Y (kecerdasan
emosional siswa) kelas X SMA Negeri 1 Kota Gorontalo dengan sampel
penelitian sejumlah 15 siswa dari jumlah populasi 263 siswa. Sedangkan teknik
sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan menggunakan teknik
pengumpul data berupa teknik angket tentang aspek-aspek variabel Y (kecerdasan
emosional siswa).
Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket yang disebar sebanyak dua
kali yakni sebelum dan sesudah pelaksanaan tindakan. Data yang terkumpul
dianalisis dengan menggunakan teknik pengolahan statistika pengujian normalitas
data yang menghasilkan ?hitung
2 ? = -0,7 dan ?hitung
2 ? =
-11,13 sedangkan harga ?tabel
2 pada taraf nyata ? = 5,99. Ternyata harga ?hitung
2 <
?tabel
2 sehingga disimpulkan bahwa data yang digunakan berdistribusi normal. Uji
hipotesis menggunakan uji t yang menghasilkan harga thitung sebesar -8,28
sedangkan t daftar pada taraf nyata 5% sebesar 2,05. Ternyata harga thitung
memperoleh harga lain (harga thitung telah berada diluar daerah penerimaan H0)
sehingga disimpulkan bahwa H0 ditolak dan menerima H1. Artinya teknik
roleplaying berpengaruh terhadap kecerdasan emosional siswa, sehingga dapat
direkomendasikan teknik roleplaying secara intensif dan berkelanjutan untuk
meningkatkan kecerdasan emosional siswa.
Kata kunci: teknik roleplaying, kecerdasan emosional.
Download berkas