SKRIPSI

Penulis / NIM
SITI AISAH / 111408108
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARDIA BIN SMITH, S.Pd, M.Si / 0005125908
Abstrak
ABSTRAK Siti Aisah. 2012. Pengaruh Teknik Roleplaying terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Maryam Rahim, M.Pd dan pembimbing II Dra. Hj. Mardia Bin Smith, S.Pd, M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh gejala yang terjadi di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo tentang kecerdasan emosional siswa kelas X yang hanya 40%. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh teknik roleplaying terhadap kecerdasan emosional siswa melalui eksperimen. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian “One Group Pre-Test and Post-Test Design” yang terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (teknik roleplaying) dan variabel Y (kecerdasan emosional siswa) kelas X SMA Negeri 1 Kota Gorontalo dengan sampel penelitian sejumlah 15 siswa dari jumlah populasi 263 siswa. Sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan menggunakan teknik pengumpul data berupa teknik angket tentang aspek-aspek variabel Y (kecerdasan emosional siswa). Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket yang disebar sebanyak dua kali yakni sebelum dan sesudah pelaksanaan tindakan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik pengolahan statistika pengujian normalitas data yang menghasilkan ?hitung 2 ? = -0,7 dan ?hitung 2 ? = -11,13 sedangkan harga ?tabel 2 pada taraf nyata ? = 5,99. Ternyata harga ?hitung 2 < ?tabel 2 sehingga disimpulkan bahwa data yang digunakan berdistribusi normal. Uji hipotesis menggunakan uji t yang menghasilkan harga thitung sebesar -8,28 sedangkan t daftar pada taraf nyata 5% sebesar 2,05. Ternyata harga thitung memperoleh harga lain (harga thitung telah berada diluar daerah penerimaan H0) sehingga disimpulkan bahwa H0 ditolak dan menerima H1. Artinya teknik roleplaying berpengaruh terhadap kecerdasan emosional siswa, sehingga dapat direkomendasikan teknik roleplaying secara intensif dan berkelanjutan untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Kata kunci: teknik roleplaying, kecerdasan emosional.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011