Penulis / NIM
SRI RAHAYU UTINA / 111408112
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si / 0002077703
Abstrak
ABSTRAK
Sri Rahayu Utina. 2015. Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Demokratis dengan Minat Baca Tulis Al-Qur'an Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Gorontalo. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Weny Hulukati, M.Pd dan Pembimbing II Irvan Usman, S.Psi, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh demokratis orang tua dengan minat baca tulis Al-Qur'an pada siswa Kelas VII MTs Negeri Gorontalo.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Dengan variabel X pola asuh demokratis orang tua, dan variabel Y yaitu minat baca tulis Al-Qur'an. Sesuai dengan metode penelitiannya, maka data yang telah diperoleh dari penyebaran angket yang dianalisis secara statistic dengan mengunakan uji regresi dan korelasi..
Hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa terdapat hubungan pola asuh orang tua demokratis dengan minat baca tulis Al-Qur'an di Kelas VII MTs Negeri Gorontalo. Hasil perhitungan diperoleh koefisien korelasi sebesar r= 0.642. Untuk uji signifikasi (correlation) koefisien korelasi adalah 8.114, dengan taraf nyata = 0,05 dan dk = 58, maka diperoleh tdaftar=2.020, oleh karena ttabel>thitung (-2.020ࣜ.114ࣖ.020) ini berarti thitung jatuh didaerah penerimaan Ha. Hal ini menunjukan bahwa pola asuh orang tua demokratis memberikan korelasi yang positif dan signifikan terhadap minat baca tulis Al-Qur'an siswa di Kelas VII MTs Negeri Gorontalo.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa orang tua hendaknya menerapkan pola asuh demokratis dalam meningkatkan minat baca tulia Al-Qur'an kepada anaknya, sebagaimana dibahas dalam skripsi ini bahwa semakin baik pola asuh demokratis yang diterapkan orang tua kepada anaknya, maka akan memotivasinya dalam belajar baca tulis Al-Qur'an. Pola asuh demokratis yang perlu diterapkan orang tua adalah hendaknya orang tua selalu memberi keleluasaan bagi anak untuk memilih dan menentukan minat dan keinginannya dengan tetap mengedepankan musyawarah dan kontrol penuh dari orang tua. Sekolah hendaknya mengadakan evaluasi terhadap program-program yang telah direncanakan terutama mengenai masalah yang berkaitan dengan peningkatan baca tulis Al-Qur'an yang dimiliki siswa dengan menjalin kerjasama yang baik dengan setiap orang tua siswa
Kata Kunci: Pola asuh demokratis, Minat Baca Tulis Al-Qur'an.
Download berkas