Penulis / NIM
SUPATMI NANGUNE / 111408119
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si / 0002077703
Abstrak
ABSTRAK
SUPATMI NANGUNE. 2014. Persepsi Guru Mata Pelajaran terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling di SMU Negeri Se Kota Gorontalo. SKRIPSI. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. 2013. Pembimbing 1. Dr. Hj. Tuti Wantu, M.Pd Kons, dan Pembimbing 2. Irvan Usman, S.Psi, M. Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru mata pelajaran terhadap layanan bimbingan dan konseling di SMU Negeri Se Kota Gorontalo. Permasalahan yang dikaji adalah: bagaimana persepsi guru mata pelajaran terhadap layanan bimbingan dan konseling di SMU Negeri Se Kota Gorontalo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif persentatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum adanya persepsi positif guru mata pelajaran terhadap layanan bimbingan dan konseling di SMU Negeri Se Kota Gorontalo yang ditunjukkan indikator pengalaman dengan persentase 89% dan indikator pengartian 88% yang berada pada kategori baik. Sedangkan indikator penglihatan menggambarkan adanya persepsi negatif dengan persentase 55% yang berada pada kategori kurang.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disarankan yaitu untuk sekolah: perlu diupayakan oleh guru bimbingan dan konseling (BK) untuk melaksanakan layanan bimbingan dan konseling dengan sebaik-baiknya, dan juga perlu dukungan yang maksimal dari pihak sekolah untuk pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling. Saran untuk peneliti selanjutnya: Diharapkan dapat memperluas objek penelitian, misalnya persepsi kepala sekolah terhadap layanan bimbingan dan konseling atau menambah teori- teori baru yang dapat memperbarui hasil penelitian ini.
Kata Kunci: Persepsi Guru Mata Pelajaran, Bimbingan dan Konseling
Download berkas