SKRIPSI

Penulis / NIM
SALMA NUPU / 111408191
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Abstrak
ABSTRAK Salma Nupu, NIM. 111 408 191. Analisis Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi Mahasiswi, Program Studi Pendidikan Bimbingan Konseling, Jurusan Pendidikan Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Hj. Tuti Wantu, M.Pd, Kons dan Pembimbing II, Dra. Hj. Maryam Rahim, M.Pd Permasalahan utama yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMA Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMA Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif, serta teknik pengumpulan data melalui observasi, analisis angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat 72 dari 74 peserta didik atau 97,30 % yang menyatakan bahwa pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMA Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo cukup optimal. Adapun yang menjadi kendala bagi guru Bimbingan dan Konseling dalam melaksanakan tugasnya adalah; 1) adanya beberapa orang guru yang tidak memahami gejala psikologis peserta didik, sehingga bentuk bimbingan yang diberikan kepada peserta didik tidak dapat memberi perubahan sikap peserta didik, 2) adanya lingkungan kehidupan peserta didik yang kurang mendukung, dan 3) adanya sebagian peserta didik yang tidak proaktif dalam mengaplikasikan perilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari. Upaya mengatasi mengatasi kendala tersebut adalah; meningkatkan pemahaman kepada semua guru dalam hal memberikan bentuk bimbingan kepada peserta didik, bekerja dengan semua pihak (orang tua, pemerintah dan masyarakat) dalam menciptakan kondisi kehidupan yang kondusif, serta memberikan pembinaan kepada seluruh peserta didik secara intensif dalam hal teraplikasinya perilaku terpuji secara totalitas. Harapan kedepan yang diinginkan adalah; kepada guru bimbingan konseling diharapkan dapat meningkatkan kinerjanya dalam hal membentuk kepribadian, prilaku, dan kecerdasan peserta didik secara komprehensif. Di samping itu, guru bimbingan konseling diharapkan selalu melakukan koordinasi dan kerja sama secara intensif dengan pihak-pihak yang memiliki tanggung jawab kepada kehidupan peserta didik. Kata Kunci: Analisis, Bimbingan dan Konseling
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011