SKRIPSI

Penulis / NIM
MEILAN LADIKU / 111409002
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd / 0008067506
Abstrak
ABSTRAK Meilan Ladiku. Nim: 111409002. Studi Tentang Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Prestasi Belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Masalah dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apakah yang menjadi penyebab rendahnya prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab rendahnya prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini adalah penelitian deskriftif untuk mengetahui faktor-faktor penyebab rendahnya prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan wawancara secara langsung dengan siswa, guru BK serta dengan orang tua siswa. Pengisian angket, serta dokumentasi sebagai pendukung dalam melengkapi data yang ada di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui faktor-faktor penyebab rendahnya prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Berdasarkan hasil wawancara dengan siswa dari 18 responden, dan guru BK serta dengan 4 orang tua siswa. Dari gambaran hasil wawancara langsung dengan siswa menunjukan bahwa faktor penyebab rendahnya prestasi belajar diakibatkan oleh faktor internal yakni seperti, strategi belajar yang kurang efektif, kurangnya kosentrasi, kurangnya minat pada pelajaran, serta pada faktor eksternal yakni seperti sering keluar masuk kelas, bolos sekolah, sering terlambat, fasilitas sekolah kurang mendukung, kurang suka dengan metode guru mengajar, pemasukan tugas tidak tepat waktu, Kurangnya perhatian dan waktu orang tua dalam mengawasi anak dalam belajar, keadaan ekonomi yang kurang menunjang, pengaruh lingkungan yang kurang baik dan kurangnya kerja sama orang tua dengan pihak sekolah. Dari hasil angket menunjukan bahwa faktor internal dan eksternal yang menyebabkan rendahnya prestasi belajar, dari faktor internal bahwa faktor psikologis yang menyebabkan rendahnya prestasi belajar yang di antaranya seperti, 77,8 % siswa yang kurang minat pada pelajaran, kurangnya kosentrasi terhadap guru menjelaskan materi, dan sekitar 88,9 % siswa yang memilih lebih banyak bermain dibandingkan belajar. Sedangkan pada faktor eksternal, bahwa pada faktor lingkungan sekolah yang sangat menyebabkan rendahnya prestasi belajar yang di antaranya, bahwa sekitar 94,4 % siswa yang menyatakan jika pelajaran berlangsung sering keluar masuk kelas. Kata Kunci: Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Prestasi Belajar Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011