Penulis / NIM
NGATINI / 111409011
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
MURHIMA A KAU, S.Psi, M.Si / 0030047303
Abstrak
ABSTRAK
Ngatini. 2013. Pengaruh Bimbingan Kelompok terhadap Percaya Diri Siswa Kelas VII di Madarsah Tsanawiyah (MTs) Al Ishlah Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Hj. Wenny Hulukati, M.Pd dan Pembimbing II, Hj. Murhima A. Kau, S.Psi, M. Psi.
Permasalahan yang dihadapi di MTs Al Ishlah Kota Gorontalo adalah siswa yang mengalami masalah dengan percaya diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan bimbingan kelompok terhadap rasa percaya diri siswa di MTs Al Ishlah Kota Gorontalo.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment ) yang menggunakan desain “the one group pretest-posttest design”. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu percaya diri adalah variabel terikat (dependent) dan layanan bimbingan kelompok sebagai variabel bebas (independent). Anggota populasi dalam penelitan ini adalah seluruh siswa kelas VII MTS Al Ishlah yang berjumlah 17 orang yang terdiri dari satu kelas. Sedang yang menjadi anggota sampel adalah siswa kelas VII yang berjumlah 15 orang yang dijadikan menjadi satu kelompok. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah Purposive Sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Angket yang disebarkan sebanyak dua kali yakni sebelum pemberian tindakan dan sesudah pemberian tindakan. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan uji t.
Dari hasil perhitungan diperoleh harga sebesar -9,93. Sedang dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh (28) = 2,05. Ternyata harga memperoleh harga lain, atau harga telah berada di luar daerah penerimaan , sehingga dapat disimpulkan bahwa ditolak dan menerima . Artinya bahwa hipotesis layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap percaya diri diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka layanan bimbingan kelompok sangat tepat dilakukan untuk meningkatkan percaya diri siswa.
Kata Kunci : Bimbingan kelompok, Percaya diri
Download berkas