Penulis / NIM
ISMAWATI PAPUTUNGAN / 111409022
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
MURHIMA A KAU, S.Psi, M.Si / 0030047303
Abstrak
ABSTRAK
Ismawati Paputungan 111409022. "Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Pemahaman Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Wenny Hulukati M.Pd dan pembimbing II Murhima A. Kau S.Psi, M.Psi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Pemahaman Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow. Penelitian ini merupakan penelitian experimen dengan desain penelitian one group pre-test dan post-test yang dilakukan di SMP NEGERI 1 LOLAK Kabupaten Bolaang Mongondow Tahun 2015. Sampel penelitian ini adalah 15 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow. Teknik statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t.
Dari hasil pengujian di peroleh thitung = 6,048 nilai ttabel pada = 0,05 ; dk = n-1 (15-1 = 14) diperoleh sebesar = 1,761, dengan demikian thitung lebih besar dari ttabel (thitung = 6,048 ttabel = 1,761). Berdasarkan kriteria pengujian bahwa terima Ha : jika thitung ttabel pada = 0,05 ; n-1, oleh karena itu hipotesis alternatif atau Ha dapat diterima, sehingga dapat dinyatakan "Terdapat Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Pemahaman Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lolak.
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Pemahaman Diri
Download berkas