Penulis / NIM
MISSY STEFIANA TOLOLIU / 111409023
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
MURHIMA A KAU, S.Psi, M.Si / 0030047303
Abstrak
ABSTRAK
Missy Stefiana Tololi. 2016. Deskripsi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Peran Guru Bimbingan dan Kosneling Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Limboto kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan Dan konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontal. Pembimbing I Prof. Dr. Wenny Hulukati, M.Pd dan Pembimbing II Murhima A. KAu, S.Psi M.Si Psi.
Permasalahan yang di hadapi siswa kelas X SMK Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo adalah faktor-faktor yang mempengaruhi peran guru Bimbingan dan Konseling terhadap motivasi belajar siswa yang di tandai dengan siswa keluar masuk kelas pada saat pelajaran berlangsung, siswa tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru, kurang memberikan respon pada materi yang diberikan guru, sebagian siswa berada dikantin pada saat pembelajaran tanpa alas an yang jelas.
Penelitian ini adalah deskripsi kuantitatif yaitu mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi peran guru Bimbingan dan Konseling terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMK 2 Limboto Kabupaten Gorontalo. Anggota populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X yang berjumlah 247 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah secara rondem sampling sehinga mendapatkan 55 orang (20%) siswa. Teknik yang digunakan adalah instrument angket.
Gerdasarkan penelitian yang digunakan dengan analisis data persentase bahwa faktor indikator perilaku empatik memperoleh hasil persentase71,61%, indikator penerimaan dan penghargaan terhadap diri siswa 68,85%, indikator kehangatandan perhatian 65,08%, indikator keterbukaan dan ketulusan 69,35% dan indikator kekonkritan dan kekhusunan ekspresi 69,09%, hal ini menunjukan bahwa faktor yang mempengaruhi peran guru Bimbingan dan Konseling terhadap motivasi belajar siswa kelas X Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo didominasi oleh perilaku empatik.
Kata Kunci : Motivasi Belajar
Download berkas