Penulis / NIM
HAJIJA IBRAHIM / 111409024
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Abstrak
ABSTRAK
Hajija Ibrahim. 2014. Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di SMK Negeri 2 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan Dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Wenny Hulukati, M.Pd dan Pembimbing II, Dra. Maryam Rahim, M.Pd.
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini yakni peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas X SMK Negeri 2 Kota Gorontalo. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru BK dalam mengatasi siswa yang mengalami kesulitan belajar.
Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif dimana untuk menganalisis tentang kesulitan belajar siswa dan upaya guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi siswa yang mengalami kesulitan belajar siswa kelas X SMK Negeri 2 Gorontalo. Dengan anggota populasi adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 2 Kota Gorontalo yang berjumlah 219 orang, dan sampel dalam penelitian berjumlah 33 orang Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel tersebut yaitu secara simple random sampling. Teknik untuk pengumpulan data adalah angket, dan wawancara sebagai tehnik pendukung. Teknik analisis data menggunakan analisis data persentase.
Dari hasil penelitian dan analisis data menunjukkan upaya-upaya yang dilakukan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas X SMK Negeri 2 Kota Gorontalo dapat dilihat persentase dari indikator (a), bimbingan klasikal =70,12 %, (b), bimbingan kelompok =56,56%, (c), konseling kelompok =61,81%, dan (d), kunjungan rumah =50,88%.
Kata Kunci : Kesulitan Belajar Siswa
Download berkas