Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
ABSTRAK
Wa Fani. 2013. Motivasi Belajar Siswa Aministrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Rena L Madina M.Pd, dan Pembimbing II Irpan A. Kasan S.Ag, M.Pd.
Penelitian ini merupakan suatu kajian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa Aministrasi Perkantoran di SMK Negeri I Kota Gorontalo. Populasi dalam penelitian ini adalah khususnya siswa kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Kota Gorontalo, yang berjumlah 174 orang dan terdistribusi pada 3 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI AP1, AP3, dan AP4 dengan jumlah 87 orang. Sampel ini ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan instrument berupa angket dilengkapi dengan observasi.
Hasil penelitian menujukan bahwa motivasi belajar siswa administrasi perkantoran SMK Negeri I Kota Gorontalo dengan tiga indikator, kehadiran dalam pembelajaran 87,75% dikategorikan tinggi, aktif dalam kegiatan belajar dengan mencapai 86,8% dikategorikan Sanggat tinggi, dan keterampilan dalam mengerjakan tugas 84% juga dikategorikan tinggi, jadi dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa di SMK Negeri I Gorontalo, rata-rata berada pada kategori sangat tinggi.
Berdasarkan hasil penelitian mengenai motivasi belajar siswa administrasi perkantoran di SMK Negeri 1 Kota Gorontalo, maka pada bagian ini disajikan saran-saran kepada berbagai pihak untuk dapat termotivasi belajarnya siswa agar mendapatkan hasil yang kondusif: (a) Saran bagi guru pembimbing, Guru pembimbing hendaknya melakukan upaya untuk membangkitkan semangat siswa untuk belajar yang kondusif kehadiran dalam pembelajaran, aktif dalam kegiatan belajar, keterampilan dalam mengerjakan tugas, (b) Saran bagi peneliti selanjutnya, Dalam pelaksanaan penelitian, dapat lebih memperhatikan instrument angket. Pengembangan instrument harus memperhatikan segi bahasa dari tiap butir pernyataan, sehingga dapat mengumpulkan data mengenai motivasi belajar siswa aministrasi perkantoran di SMK Negeri 1 Kota Gorontalo. Peneliti selanjutnya juga diharapkan dapat meneliti motivasi belajar siswa dalam setiap kelas, karena penelitian ini hanya dilakukan khususnya kelas XI jurusan administrasi perkantoran, tentang motivasi belajar siswa, maka penelitian selanjutnya dapat dilakukan dalam motivasi belajar siswa aministrasi perkantoran di SMK Negeri 1 Kota Gorontalo.
Kata kunci : Motivasi Belajar