Penulis / NIM
ASIS DARMA / 111409065
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARDIA BIN SMITH, S.Pd, M.Si / 0005125908
Abstrak
ABSTRAK
Asis Darma. NIM. 111 409 605. Hubungan Layanan Informasi dengan Motivasi Belajar pada Siswa di SMA Tri Darma Gorontalo. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Tuti Wantu, M.Pd, Kons dan Pembimbing II Dra. Mardia Bin Smith, S.Pd, M.Si.
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan layanan informasi terhadap motivasi belajar pada siswa di SMA Tri Darma Gorontalo?. Sedangkan tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui hubungan layanan informasi dengan motivasi belajar siswa di SMA Tri Darma Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional yakni mendeskripsikan hubungan layanan informasi dengan motivasi belajar siswa. Untuk mendapatkan data penelitian digunakan teknik angket, data-data tersebut dianalisis secara statistika.
Hasil Penilitian ini menunjukkan bahwa besarnya hubungan layanan informasi (variabel X) terhadap motivasi belajar siswa (variabel Y) sebesar 43.56%. Dalam artian bahwa sebesar 43.56% motivasi belajar siswa (variabel Y) di SMA Tri Darma Gorontalo memiliki hubungan dengan layanan informasi (Variabel X). Sisanya 56.44%, memberikan makna bahwa motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak didesain oleh peneliti, seperti bimbingan guru di sekolah, perhatian orang tua, pengaruh lingkungan sekolah, cara mengajar guru dan fasilitas belajar yang menunjang kegiatan belajar siswa. Faktor-faktor tersebut pada dasarnya di luar jangkauan oleh peneliti, sehingga secara tidak langsung hasil penelitian ini masih memberikan kemungkinan kepada orang lain untuk melanjutkan dengan melakukan peninjauan kembali dari aspek yang lainnya. Dengan demikian, maka penelitian ini adapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi "terdapat hubungan antara layanan informasi dengan motivasi belajar siswa di SMA Tri Darma Gorontalo" dinyatakan diterima.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada guru bimbingan dan konseling di SMA Tri Darma sebaiknya memberikan layanan informasi yang sesuai dengan permasalahan yang dihadapi oleh siswa, sehingga dengan layanan informasi yang diperoleh siswa dapat memberikan dorongan kepada siswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran baik di sekolah maupun di rumah. Diharapkan kepada siswa agar layanan informasi bimbingan dan konseling yang diberikan oleh guru BK dapat diperhatikan dengan baik, sehingga setiap permasalahan yang dihadapi dapat dipecahkan, khususnya yang berkaitan dengan motivasi dalam melaksanakan kegiatan belajar. Dan disarankan pula kepada orang tua agar selalu memberikan motivasi, kepada anak secara berkelanjutan, agar mereka dapat melakukan kegiatan belajar secara baik
Kata Kunci: Layanan Informasi dan Motivasi Belajar Pada Siswa di SMA Tri Darma Gorontalo
Download berkas