Penulis / NIM
FERLIANSYAH / 111409070
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
MEISKE PULUHULAWA, S.Pd, M.Pd / 0031018301
Abstrak
ABSTRAK
Ferliansyah. 2016. Skripsi. Deskripsi tentang Pelayanan Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Jurusan Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. 2016. Pembimbing I Dra. Hj. Maryam Rahim, M.Pd dan pembimbing II Meiske Puluhulawa, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini bagaimanakah pelayanan bimbingan dan konseling di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelayanan bimbingan dan konseling di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menggambarkan penelitian secara jelas. Penelitian kualitatif memusatkan perhatian pada penemuan fakta-fakta yang terjadi di lapangan. Penelitian kualitatif ini digunakan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan pelayanan bimbingan dan konseling di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumen
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Assesmen yang dilakukan terhadap siswa merupakan bentuk penelusuran masalah siswa yang harus diberikan pelayanan bimbingan dan konseling. Assesmen menjadi dasar untuk membuat program dan langkah-langkah pelaksanaan program bimbingan dan konseling. Pemanfaatan layanan bimbingan dan konseling dilakukan melalui wali kelas, guru bimbingan dan konseling, guru mata pelajaran, dan seluruh tenaga pendidik dan kependidikan di sekolah. Program bimbingan dan konselig pada dasarnya dirinci mulai dari program harian, mingguan, bulanan, semesteran, dan tahunan. Jenis-jenis program itu pelayanannya diberikan sebanyak 24 kali dalam satu semester. Pelayanan yang dilakukan sebagai langkah awal kegiatan bimbingan dan konseling lebih menitikberatkan pada pelayanan individual daripada kelompok. Selama proses bimbingan, pihak sekolah (kepala sekolah) memantau kegiatan itu dan dievaluasi pada akhir semester. Strategi pelayanan diawali dengan membuat program bimbingan dan konseling. Kepala sekolah melakukan monitoring terhadap pelaksanaan program yang telah dibuat. Evaluasi atau penilaian dilaksanakan dalam kurun waktu yang ditentukan oleh pihak sekolah atau berkala dan berkelanjutan.
Berdasarkan penelitian tersebut, maka dapat dikatakan bahwa pelayanan bimbingan dan konseling di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo dimulai dengan perencanaan, pelaksanaan dan berakhir dengan evaluasi.
Kata kunci: Pelayanan, Bimbingan Konseling.
Download berkas