Penulis / NIM
LINTJE TAHIR / 111409084
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd / 0008067506
Abstrak
ABSTRAK
Lintje Tahir, 111 409 084. Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Mata Pelajaran IPA Melalui Konseling Induvidual Pada Siswa Kelas VII.A MTs Al-Yusra Gorontalo. Skripsi Jurusan Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dra. Ha. Renna L. Madina, M.Pd, Pembimbing II : Irpan Kasan, S.Ag, M.Pd.
Penelitian ini bertolak dari rendahnya hasil belajar siswa kelas VII.A MTs Al-Yusra Gorontalo dalam mata pelajara IPA yakni siswa tidak mampu memahami konsep IPA, mempraktekkan konsep IPA dan menyimpulkan konsep IPA.
Subjek yang dikenai tindakan adalah 16 siswa kelas VII.A MTs Al-Yusra Gorontalo Tahun Pelajaran 2011-2012. Indikator kinerja yang ditetapkan adalah 13 dari 16 siswa atau 81,25% hasil belajarnya meningkat.
Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa rata-rata hasil yang dicapai 63,53% , dan pada hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa 13 siswa atau 81,25% dari 16 siswa yang dikenai tindakan dalam kategori sangat mampu dan mampu memahami, mempraktekkan, menyimpulkan konsep IPA. Hasil ini menunjukkan bahwa pelaksanaan tindakan pada siklus II telah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan.
Dengan capaian ini berarti hipotesis yang dirumuskan yakni jika digunakan konseling individual maka hasil belajar dalam mata pelajara IPA siswa kelas VII.A MTs Al-Yusra Gorontalo akan meningkat, dinyatakan dapat diterima.
Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, Layanan Konseling Individual.
Download berkas