Penulis / NIM
ARLIN HUSNAIN / 111409085
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si / 0002077703
Abstrak
ABSTRAK
Arlin Husnain. “Pengaruh Teknik Bermain Peran Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial”. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Wenny Hulukati M.Pd dan Pembimbing II Irvan Usman S.Psi, M.si.
Masalah Penelitian ini adalah Apakah Terdapat Pengaruh Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 Kota Goronntalo? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik role playing untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial melalui suatu eksperimen.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang menggunakan desain “one group pretest and post test design”. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (Teknik Role Playing) dan variabel Y (Kemampuan Interaksi Sosial). Sampel penelitian berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara random. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Angket yang disebarkan sebanyak dua kali yakni sebelum pemberian tindakan dan sesudah pemberian tindakan. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji normalitas data, dan uji t.
Dari hasil perhitungan diperoleh thitung sebesar 10.44, sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 1% t (0,995(58) = 2.704. Oleh karena itu t hiutng tidak berada pada daerah penerimaan yaitu -2.704 sampai dengan 2.704 maka Ho ditolak da H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan dalam bentuk hipotesis bahwa teknik role playing berpengaruh terhadap kemampuan interaksi sosial diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka teknik role playing sangat tepat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial.
Kata kunci : Teknik Role Playing, Kemampuan Interaksi Sosial.
Download berkas