SKRIPSI

Penulis / NIM
DJUMURIA POU / 111409086
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd / 0008067506
Abstrak
ABSTRAK Djumuria Pou. Skripsi “Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Melalui Teknik Sosiodrama pada Anak TK Teratai Jaya Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo”. Rogram Studi S1- BK , Fakultas Ilmu pendidikan Universitas Gorontalo, Pembimbing I Dra Hj Maryam Rahim,M.Pd, dan Pembimbing II Irfan A.Kasan,M.Pd. Interaksi sosial pada anak usia TK dapat diamati pada kegiatan bermain anak. Bermain memberikan jalan bagi perkembangan sosial anak ketika berbagi dengan anak lain. Di TK Teratai Jaya Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo dari jumlah anak 20 orang, terdapat 10 orang yang kurang memiliki interaksi sosial. Hal ini dapat diamati pada proses pembelajaran terdapat anak yang bersikap egois, tidak mau meminjamkan mainan kepada teman, pada aktivitas bermain tidak mau bekerja sama, bahkan mencubit, memukul teman lainnya. Oleh karena itu maka perlu dadakan penelitian Penelitian ini dilakukan dengan mengajukan masalah “Apakah teknik sosiodrama dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial pada anak TK Teratai Jaya Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo?”. Dengan tujuan meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak TK Teratai Jaya Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo melalui teknik sosiodrama. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah metode PTK yang dilaksanakan di kelompok B TK Teratai Jaya Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo Pada siklus I pertemuan pertama diperoleh kriteria sangat mampu 3 orang atau 15 %, kriteria mampu 11 orang anak atau 55%, kriteria kurang mampu 5 orang atau 25%, kriteria tidak mampu 1 orang atau 5%.. Selanjutnya pada siklus I pertemuan kedua diperoleh kriteria sangat mampu 3 orang atau 15%, kriteria mampu11 orang anak atau 55%, kriteria kurang mampu 6 orang atau 30%., kriteria tidak mampu tidak ada atau 0%. Pada pelaksanaan siklus II pertemuan pertama kriteria sangat mampu 4 atau 20%, criteria mampu 10 orang anak atau 50%, kriteria kurang mampu 6 orang anak atau 30%, criteria tidak mampu tidak ada atau 0%. Siklus II pertemuan kedua diperoleh kriteria sangat mampu 4 orang atau 20%, kriteria mampu 14 orang anak atau 70%, kriteria kurang mampu 2 orang anak atau 10%. Hasil analisis data pada observasi awal menunjukkan bahwa sebelum dilakukan tindakan kelas, 50% (10 orang) dari keseluruhan anak yang telah memiliki kemampuan interaksi sosial dengan kategori mampu. Pada akhir siklus II jumlah tersebut meningkat menjadi 18 orang anak atau 90% dari jumlah keseluruhan anak. Jadi hipotesis tindakan yang berbunyi : “Jika digunakan teknik sosiodrama, maka kemampuan interaksi sosial anak TK Teratai Jaya Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo akan meningkat”, dapat diterima.an Kata kunci : Interaksi Sosial, Teknik Sosiodrama1 ra
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011