Penulis / NIM
MELISA R. HASANATI / 111409088
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Abstrak
ABSTRAK
Melisa R. Hasanati. 2013. Pengaruh Konseling Individual Behavioristik Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Limboto. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Rena L. Madina, M.Pd dan Pembimbing II, Dra. Maryam Rahim, M.Pd.
Permasalahan yang dihadapi di SMA Negeri 2 Limboto adalah adanya siswa yang mengalami masalah dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling individual behavioristik terhadap motivasi belajar siswa melalui suatu eksperimen.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) yang menggunakan desain “"One Group Pre-Test and Post Test Design". Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X_ (Konseling Behavioristik) dan variabel Y (Motivasi Belajar). Anggota populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 267 orang yang terbagi dalam 9 kelas. Sedangkan yang menjadi anggota sampel adalah siswa kelas X yang berjumlah 10 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Angket yang disebarkan sebanyak dua kali yakni sebelum pemberian tindakan dan sesudah pemberian tindakan. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dan diuji hipotesis digunakan uji t.
Dari hasil perhitungan kelompok eksperimen diperoleh harga t_hitung sebesar -28,76 Sedang dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh t_0,975(18) = 2,10. Artinya bahwa hipotesis yang berbunyi “terdapat pengaruh konseling individual behavioristik terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo”, dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dalam rangka meningkatkan motivasi belajar siswa, hendaknya digunakan layanan konseling individual behavioristik
Kata kunci : Konseling Individual Behavioristik dan Motivasi Belajar
Download berkas