Penulis / NIM
LIA NOVIKA / 111409092
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd / 0008067506
Abstrak
ABSTRAK
Lia Novika. 2013. Analisis Kematangan Karir Pada Kelas X1 Jurusan Administrasi Perkantoran Tahun Ajaran 2012/2013 Siswa SMK Negeri 1 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Wenny Hulukati, M.Pd dan pembimbing II Irpan Kasan, S. Ag. M. Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengetahuan siswa tentang dunia kerja, Kurangnya pengalaman siswa dalam mengeksplor kompetensi karir dan kurangnya pengetahuan siswa secara internal yang menyangkut minat, karakter, dan potensi yang dimiliki. Tujuan utama penelitian ini untuk menganalisis tingkat kematangan karir siswa. Lokasi penelitian adalah SMK Negeri 1 Gorontalo pada kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yang membahas tentang kematangan karir siswa, dengan anggota populasi berjumlah 216 orang dan anggota sampel 43 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelieian ini adalah secara random. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dianalisis dengan menggunakan analisis persentase.
Hasil penelitian menunjukan kematangan karir siswa SMK Negeri 1 Gorontalo pada kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran. Dengan persentase rata-rata yang dilihat dari indikator pengetahuan tentang dunia kerja 54,26% berada pada klasifikasi kurang matang, indikator pengetahuan tentang kelompok pekerjaan yang disukai 51,41% berada pada klasifikasi kurang matang, indikator membuat keputusan karir 52,09% berada pada klasifikasi kurang matang, indikator perencanaan karir 63,37% berada pada klasifikasi cukup matang, indikator eksplorasi karir 66,57% berada pada klasifikasi cukup matang dan indikator Realisme keputusan karir 57,56% berada pada klasifikasi cukup matang serta penyebab ketidakmatangan karir diukur dari segi pribadi menunjukan 57,56% dan diukur dari segi lingkungan menunjukan 57,92% yang berarti penyebab ketidak matangan karir berada pada klasifikasi cukup matang. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data kematangan karir siswa. Analisis kematangan karir siswa diharapkan agar siswa lebih mengoptimalkan tingkat kematangan karirnya agar dapat mengaktualisasikan diri dalam memasuki dunia kerja dengan cara berkonsultasi, mencari informasi karir dan mengimplikasikan pengalaman dari hasil praktek kerja.
Kata kunci: Kematangan Karir
Download berkas