SKRIPSI

Penulis / NIM
ASRAWATY / 111409099
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
MEISKE PULUHULAWA, S.Pd, M.Pd / 0031018301
Abstrak
ABSTRAK Penelitian ini berangkat dari ketidakmapuan siswa dalam mengendalikan emosi. Permasalahan yang dihadapi siswa di SMA Negeri 2 Limboto KabupatenGorontalo, terdapat hampir 60% siswa yang kurang memiliki kecerdasan emosional, teridentifikasi melalui angket kecerdasan emosional dan fenomena tingginya frekuensi kasus pemukulan juga rendahnya prestasi belajar siswa yang dipengaruhi oleh faktor kurangnya kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik permainan emotional bingo, dengan rumusan masalah apakah tedapat pengaruh teknik emotional bingo terhadap kecedasan emosional siswa kelas X di SMA Negei 2 Limboto Kabupaten Gorontalo melalui suatu eksperimen. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang menggunakan desain “one group pretest and post test design”. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (teknik permainan emotional bingo) dan variabel Y (kecerdasan emosional). Anggota populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Limboto yang berjumlah 267 orang yang terbagi dalam 9 kelas. Sedangkan yang menjadi anggota sampel 15 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara purposeive sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Angket yang disebarkan sebanyak dua kali yakni sebelum pemberian tindakan dan sesudah pemberian tindakan. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji normalitas data, dan uji t. Dari hasil perhitungan diperoleh harga thitung sebesar -35,45. Sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh t(0.95;28) = 2,05. Artinya bahwa hipotesis yang berbunyi teknik permainan emotional bingo berpengaruh terhadap kecerdasan emosional siswa diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka teknik permainan emotional bingo sangat tepat dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan emotional siswa. Bagi yang berminat untuk melaksanakan penelitian yang berkelanjutan tentang penggunaan teknik permainan emotional bingo, haruslah menguasai teknik serta tahap pelaksanaannya dengan baik. Kata kunci : Teknik Permainan Emotional Bingo, Kecerdasan Emosional
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011