Penulis / NIM
HARDIANTI / 111409100
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
MEISKE PULUHULAWA, S.Pd, M.Pd / 0031018301
Abstrak
ABSTRAK
Hardianti (2013).“ Skripsi Profil Efikasi Diri Mahasiswa Semester IV Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo”. Pembimbing I Dra. Maryam Rahim, M.Pd dan pembimbing II Meiske Puluhulawa, M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tidak adanya keyakinan atas kemampuan yang dimiliki dan merasa kesulitan dengan tugas yang diberikan, rendahnya efikasi diri pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, disisi lain efikasi diri sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan utama penelitian ini untuk menggambarkan tentang efikasi diri mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang mendeskripsikan tentang efikasi diri mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, dengan anggota populasi berjumlah 150 orang yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas IVA, kelas IVB, dan kelas IVC. Anggota sampel 50 orang yang diambil secara acak (random sampling) dalam setiap kelas yaitu kelas IVA berjumlah 17 orang, kelas IVB berjumlah 17 orang dan kelas IVC berjumlah 16 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket sebagai teknik utama dan observasi sebagai teknik pelengkap serta dianalisis dengan menggunakan analisis persentase.
Hasil penelitian menunjukan efikasi diri mahasiswa semester IV Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo dengan persentase rata-rata yang dilihat dari sub aspek magnitude 78.62%, sub aspek generality 80.04% dan sub aspek strength 77.67% dengan indikator yang berada pada kategori tinggi 84.67% dan 83.47% terdapat pada sub aspek magnitude dan strength, indikator yang berada pada kategori sedang 82%, 81.16%, 80.13%, 80.2%, 79.87%, 78.27%, 78.4%, 77.8% dan 73.2% yang terdapat pada sub aspek magnitude, generality dan strength, serta indikator yang berada pada kategori rendah 66.13% terdapat pada sub aspek magnitude. Dengan demikian diharapkan kepada dosen agar dapat mengembangkan efikasi diri mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Efikasi Diri
Download berkas